Rabu 13 Oct 2021 17:05 WIB

Belasan Rumah di Kawasan Badui Kebakaran

Sebanyak 45 kepala keluarga (KK) terdampak kebakaran.

Belasan Rumah di Kawasan Badui Kebakaran. Ilustrasi Kebakaran
Foto: Foto : MgRol112
Belasan Rumah di Kawasan Badui Kebakaran. Ilustrasi Kebakaran

IHRAM.CO.ID,  LEBAK -- Belasan rumah warga Badui di pedalaman Kabupaten Lebak, Banten pada Rabu siang (13/10) kebakaran hingga rata dengan tanah. Kebakaran tepatnya terjadi di Kampung Cihuni kawasan Badui Dalam, Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak.

Kebakaran ini tidak menimbulkan korban jiwa. "Kami bergerak melakukan evakuasi bagi warga Badui yang terdampak kebakaran, " kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Lebak Febby Rizky Pratama, Rabu.

Baca Juga

Tercatat 16 unit rumah mengalami kebakaran. Sebanyak 45 kepala keluarga (KK) terdampak.

Selain itu satu unit "leuit" atau rumah pangan juga hangus terbakar. BPBD Lebak kini membawa logistik kebutuhan sembilan bahan pokok dan keperluan lainnya untuk mengurangi risiko kebencanaan.

"Kami penuh semangat meski kesulitan topografi menuju ke lokasi kebakaran itu, karena perbukitan dan pegunungan," kata Febby.

Menurut dia, warga korban kebakaran mengungsi ke tempat lain karena kondisi rumah mereka hangus. Masyarakat Badui hingga kini tetap waspada kebakaran karena suhu udara cukup panas pada siang hari.

Febby mengaku belum mengetahui pasti penyebab kebakaran tersebut. Namun, kata dia, biasanya dugaan kebakaran di permukiman Badui berasal dari tungku alat masak mereka.

Masyarakat Badui umumnya memasak menggunakan tungku. Di bawahnya terdapat bale-bale amben dari bambu sehingga mudah terbakar jika tidak diawasi.

"Kami minta warga Badui jika memasak agar dimatikan api di tungku itu, " katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement