Thursday, 15 Rabiul Awwal 1443 / 21 October 2021

Thursday, 15 Rabiul Awwal 1443 / 21 October 2021

Kembangkan e-Sport, Telkom Jaring Gamer Berbakat Lokal 

Jumat 08 Oct 2021 16:17 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Budi Raharjo

 IndiHome, layanan fixed broadband unggulan milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), meluncurkan Limitless ESport Academy (LEAD).

IndiHome, layanan fixed broadband unggulan milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), meluncurkan Limitless ESport Academy (LEAD).

Foto: Telkom
Selama ini gamer pemula bermain sebatas hobi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Indihome mulai melakukan penjaringan gamer berbakat di Indonesia dengan menggelar Limitless Esport Academy (Lead). Yakni, sebuah akademi e-sport yang mewadahi gamer nasional untuk menjadi atlet profesional.

Menurut EVP Telkom Regional III Sujito mengatakan, selama ini gamer pemula bermain sebatas hobi. Jadi, jarang yang menjadi seorang atlet e-sport profesional dan mampu bersaing di kancah nasional maupun internasional.

"Padahal, banyak talent tersebut yang memiliki kemampuan," ujar Sujito saat membuka roadshow Lead by IndiHome ke tiga di Gedung Indigo Telkom Bandung, Jumat (8/10).

Oleh karena itu, kata dia, PT Telkom membuat Lead yang merupakan program akademi e-sport dari IndiHome. Tujuannya, untuk mendukung perkembangan ekosistem olahraga elektronik (e-sport). 

"Kami akan mencari talenta-talenta muda dengan melakukan sosialisasi program melalui Roadshow Lead by IndiHome dan Turnament LOL Wild Rift di setiap wilayah kantor regional," katanya. 

Tahapan perekrutan peserta, kata dia, berlangsung sejak tangal 10 September dan akan berakhir pada 22 Oktober 2021. Seluruh masyarakat Indonesia berkesempatan menjadi atlet e-sport professional yang yang langsung dibina oleh para coach profesional.

Menurutnya, setelah mendaftar, peserta akan mengikuti rangkaian kegiatan pemilihan atlet e-sport. Yakni, mulai dari fase kualifikasi, fase pengembangan dan fase graduation (kelululasan). Pada fase kualifikasi peserta yang mendaftar akan diseleksi dalam turnamen hingga terpilih 8 tim terbaik atau sebanyak 40 orang calon atlet e-sport

Jika sudah terpilih 8 tim terbaik, kata dia, maka fase berikutnya adalah pada fase pengembangan 1 peserta mendapatkan training basic. Pada akhir fase 1 akan diadakan ujian yang membuat 14 orang terpilih melaju ke fase pengembangan 2. 

"Pada fase 2, sebanyak 14 orang peserta yang tersisa akan mendapat training advance. Peserta yang tersisa ini yang akan dilatih sampai ke fase kelulusan," katanya.

Sementara menurut Srikandi Gamers Indihome Dyah Rasyida, khusus pada fase ketiga ini, 14 player terbaik akademi secara resmi lulus dari akademi. Dibagi ke dalam 2 tim untuk berpartisipasi dalam showcase performa di turnamen invitational pada tanggal 16 Januari 2022.

"Benefit utama untuk player yang mengikuti LEAD adalah program pelatihan untuk menjadi juga membuka peluang bagi atlet e-sport binaannya untuk menjadi bagian dari tim atau klub e-sport lintas negara dengan mengirim profil lulusan ke tim-tim dalam dan luar negeri," paparnya. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA