Tuesday, 20 Rabiul Awwal 1443 / 26 October 2021

Tuesday, 20 Rabiul Awwal 1443 / 26 October 2021

Said Iqbal: Partai Buruh Siap di 409 Kabupaten/Kota

Rabu 13 Oct 2021 15:26 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ilham Tirta

Presiden Partai Buruh, Said Iqbal.

Presiden Partai Buruh, Said Iqbal.

Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja
Partai Buruh targetkan penuhi persyaratan peserta pemilu 2024 pada akhir November.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Partai Buruh, Said Iqbal menegaskan, Partai Buruh telah siap di 409 kabupaten kota. Said mengatakan, dengan jumlah tersebut, Partai Buruh siap melalui tahapan verifikasi.

"Di kabupaten kota kami memilki 409 kabupaten kota, total di Indonesia itu 514, Partai Buruh 409 kabupaten kota, sudah siap pengurusnya, berarti 80 persen," kata Said dalam konferensi pers yang dipantau secara daring, Rabu (13/10).

Said menuturkan, keberadaan pengurus Partai Buruh di 409 kabupaten kota tidak mengada-ngada. Beberapa di antaranya berkantor di kantor serikat pekerja dan buruh. Bahkan, ada juga yang menyewa rumah.

"Memang untuk sementara waktu, kantor banyak digunakan kantor-kantor serikat untuk di provinsi. Kami kan punya kantor-kantor milik sendiri, terutama di KSPI. Ada juga kantor KSPSI, ada juga SPI, ada juga kantor serikat KPBI, dan 50 federasi serikat pekerja dan serikat buruh itu. Kalau tidak ada, kami meminta pengurus untuk menyiapkan Partai Buruh di rumah, menyewa rumah, dengan tetap memenuhi persyaratan, jelas sudah jelas," kata dia.

Kendati demikian, Said mengakui masih ada tiga daerah yang jumlah kepengurusannya masih tidak terpenuhi 75 persen. Ketiga daerah tersebut yaitu Papua, Papua Barat, dan Maluku Utara. "Dalam waktu dekat mungkin Senin atau Selasa sudah selesai. Karena mereka sedang mengurus KTP, syaratnya punya KTP. Kalau nggak ada KTP kita tolak," ujarnya.

Selain itu, Said juga mengeklaim anggota Partai Buruh sudah mencapai 1.000 orang yang merata di 409 kabupaten kota. Ia menargetkan akhir November Partai Buruh siap memenuhi persyaratan KPU sebagai peserta pemilu 2024.

"Partai Buruh harus sudah siap penuhi persyaratan KPU untuk menjadi peserta pemilu, yaitu 100 persen provinsi 75 persen kabupaten kota dalam satu provinsi dan itu sudah terpenuhi 50 persen dari kecamatan satu kabupaten kota itu pun sudah terpenuhi tinggal 10-15 persen lagi di tiap-tiap kabupaten kota," jelasnya.

Proses verifikasi akan dilakukan usai Partai Buruh menerima SK dari Kemenkumham. Saat ini, Partai Buruh baru akan mendaftarkan Mahkamah Partai ke Kemenkumham yang dijadwalkan akan didaftarkan besok, Kamis (14/10).


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA