Tuesday, 20 Rabiul Awwal 1443 / 26 October 2021

Tuesday, 20 Rabiul Awwal 1443 / 26 October 2021

Mantan Menteri Venezuela Raul Baduel Meninggal karena Covid

Rabu 13 Oct 2021 14:11 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Teguh Firmansyah

Ilustrasi virus corona.

Ilustrasi virus corona.

Foto: Pixabay
Kelompok HAM menyalahkan pemerintahan atas kematian Raul Baduel.

REPUBLIKA.CO.ID, CARACAS -- Mantan menteri pertahanan Venezuela sekaligus pensiunan jenderal, Raul Baduel dikabarkan meninggal dunia setelah tertular Covid-19, Selasa (12/10) waktu setempat. Baduel, yang dianggap sebagai tahanan dari oposisi berada dipenjara karena kasus korupsi yang menjeratnya hingga dugaan konspirasi melawan Maduro.

"Kami menyesalkan kematian Raul Isaias Baduel karena gagal jantung-pernapasan, dan tertular virus Corona, meskipun ia menerima perawatan medis yang sesuai dan telah mendapatkan dosis pertama vaksin," kata jaksa agung Tarek Saab dalam sebuah pernyataan di Twitter resminya.

Saab tidak merinci apakah Baduel dirawat di rumah sakit atau di penjara ketika dia meninggal. Dia telah ditahan di sebuah situs polisi intelijen Sebin.

Kelompok hak asasi manusia kemudian menyalahkan pemerintah atas kematiannya. "Dengan kematian Raul Isaias Baduel, ada sepuluh tahanan politik yang meninggal dalam tahanan," kata aktivis Gonzalo Himiob di Twitter. "Tanggung jawab atas kehidupan dan kesehatan setiap tahanan berada pada negara."

Tahun lalu putri Baduel mengatakan kepada Reuters bahwa ayahnya belum diadili atas tuduhan tahap kedua terhadapnya. Dia mengaku pengacaranya tidak dapat mengakses berkas kasusnya.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA