Rabu 13 Oct 2021 13:26 WIB

5 Penyakit Akibat Kekurangan Vitamin C

Vitamin C berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Suplemen Vitamin C (ilustrasi)
Foto: Flickr
Suplemen Vitamin C (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam menjaga kesehatan tubuh, nutrisi dan mineral harus didukung oleh pola makan yang seimbang. Salah satunya vitamin C.

Vitamin ini adalah salah satu nutrisi paling penting untuk fungsi tubuh yang sehat. Selain bertanggung jawab atas pembentukan kolagen yang tepat dalam tubuh, kolagen juga penting untuk perkembangan tulang, kesehatan pembuluh darah dan penyembuhan luka.  

Baca Juga

Dilansir dari timesofindia.com pada Rabu (13/10), terdapat berbagai macam penyakit jika kekurangan vitamin C. Berikut lima penyakit yang bisa menyerang tubuh Anda : 

Skorbut

Penyakit skorbut adalah penyakit yang paling menonjol terkait dengan kekurangan vitamin C.  Penyakit ini menyebabkan memar, gusi berdarah, kelemahan, kelelahan, ruam dan banyak lagi.

Tanda-tanda peringatan dini mungkin termasuk kelelahan yang tidak dapat dijelaskan, nafsu makan berkurang, lekas marah dan nyeri sendi.  Jika tidak diobati, itu juga dapat menyebabkan anemia, radang gusi, pendarahan kulit dan lain-lain.

Hipertiroidisme

Hipertiroidisme adalah ketika kelenjar tiroid mengeluarkan hormon berlebih.  Vitamin C bersama dengan nutrisi penting lainnya penting untuk kesehatan tiroid Anda.  

Dikatakan, kekurangan vitamin C yang berkepanjangan dapat menyebabkan kelebihan sekresi hormon dari kelenjar tiroid, menyebabkan hipertiroidisme. Hal ini menyebabkan gejala seperti penurunan berat badan yang tidak disengaja, jantung berdebar-debar, nafsu makan meningkat, gugup, tremor, perubahan pola menstruasi pada wanita dan banyak lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement