Monday, 19 Rabiul Awwal 1443 / 25 October 2021

Monday, 19 Rabiul Awwal 1443 / 25 October 2021

Koulibaly Kecewa Mendy tak Masuk Nominasi Ballon d'Or

Rabu 13 Oct 2021 16:32 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Kiper Chelsea Edouard Mendy beraksi selama pertandingan sepak bola leg pertama perempat final Liga Champions UEFA antara FC Porto dan Chelsea FC di stadion Ramon Sanchez Pizjuan di Seville, Andalusia, Spanyol, 07 April 2021.

Kiper Chelsea Edouard Mendy beraksi selama pertandingan sepak bola leg pertama perempat final Liga Champions UEFA antara FC Porto dan Chelsea FC di stadion Ramon Sanchez Pizjuan di Seville, Andalusia, Spanyol, 07 April 2021.

Foto: EPA-EFE/JOSE MANUEL VIDAL
Pesepak bola asal Afrika memiliki dua pemain dalam daftar Ballon d'Or tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, NAPOLI -- Kapten Napoli, Kalidou Koulibaly mengaku sangat kecewa dengan nominasi Ballon d'Or 2021. Pasalnya, ia tidak melihat nama kiper Chelsea, Edouard Mendy dalam 30 daftar nama calon peraih trofi individu tersebut.

"Sangat disayangkan Mendy tidak masuk dalam nominasi tersebut. Dia adalah kiper terbaik Afrika pertama yang memenangkan Liga Champions," kata Koulibaly dilansir Sportsbible, Rabu (13/10).

Sebelumnya France Football telah merilis daftar 30 nama nominasi peraih Bola Emas 2021. Beberapa nama favorit mejeng seperti Lionel Messi, Robert Lewandowski dan Jorginho.

Nama terakhir, Jorginho masuk lantaran berhasil mempersembahkan dua gelar yakni Liga Champions untuk Chelsea dan titel Euro bagi timnas Italia.

Sayang, turunnya daftar nama tersebut mendapat respon negatif dari bek tengah Napoli Koulibaly yang menilai Mendy seharusnya pantas untuk masuk nominasi selepas performa apiknya bersama klub asal London Barat, Chelsea.

"Kami harus terus bekerja melakukan pekerjaan ganda untuk dinilai lebih baik dari orang lain. Mendy adalah orang yang sangat positif, dan bagi saya ia pantas masuk 30 nominasi," sambung Koulibaly.

Mendy memiliki dampak positif di Chelsea musim lalu, setelah menandatangani kontrak pada musim panas 2020 dari Rennes, dan menggantikan Kepa Arrizabalaga sebagai penjaga gawang nomor satu klub.

Pada bulan Maret ia memecahkan rekor Liga Primer Inggris, lantaran sukses menjaga clean sheet dalam kemenangan the Blues atas Liverpool di Anfield, memiliki rekor clean sheet terbaik untuk kiper manapun dengan lebih dari 10 penampilan dalam sejarah liga.

Portiere 29 tahun adalah bagian yang sangat penting dari the Blues yang memenangkan Liga Champions, saat tim Thomas Tuchel menyingkirkan Manchester City di final.

Untuk diketahui pesepak bola asal Afrika memiliki dua pemain dalam daftar Ballon d'Or tahun ini, Mohamed Salah (Liverpool) dan penyerang sayap Manchester City, Riyad Mahrez, tetapi satu-satunya seniman kulit bundar asal Afrika yang berhasil mendapatkan Bola Emas adalah legenda AC Milan asal Liberia, George Weah pada tahun 1995 silam.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA