Sunday, 1 Jumadil Awwal 1443 / 05 December 2021

Sunday, 1 Jumadil Awwal 1443 / 05 December 2021

PLN Jamin Suplai Listrik Bagi Investor ke Papua Setelah PON

Rabu 13 Oct 2021 10:12 WIB

Red: Gita Amanda

PLN terus berupaya memastikan keandalan sistem kelistrikan Papua. (ilustrasi).

PLN terus berupaya memastikan keandalan sistem kelistrikan Papua. (ilustrasi).

Foto: istimewa
PLN menjamin pasokan listrik mencapai 400 megawatt di Papua.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) menjamin pasokan listrik mencapai 400 megawatt di Papua setelah penyelenggaraan Pekan Olah raga Nasional (PON) XX kepada para investor yang akan masuk ke Bumi Cenderawasih itu.

"Pasca-PON Papua, kami tetap menjaga permintaan suplai listrik. Karena itu, kami mengajak investor masuk ke Papua. Semua infrastruktur pendukung untuk investor sudah siap," kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat Abdul Fariddalam Info Publik yang dipantau Antara di Jayapura, Rabu (13/10).

Baca Juga

Farid mengatakan, penambahan infrastruktur jaringan listrik untuk PON Papua membuka peluang bagi kegiatan ekonomi lain, seperti sektor pertanian, perikanan, pertambangan, ataupun kegiatan olahraga berikutnya. Suplai listrik hingga 400 megawatt untuk Papua dan Papua Barat, lanjut Farid, dipasok dari sejumlah pembangkit seperti pembangkit listrik tenaga gas, pembangkit listrik tenaga air dan pembangkit listrik tenaga diesel.

Jaminan pasokan listrik oleh PLN itu, antara lain wilayah utama Jayapura yang mempunyai suplai hingga 135 megawatt, tapi baru terpakai 97 megawatt. Sedangkan Merauke punya suplai 56 megawatt dan yang terpakai 20 megawatt.

"Kami punya pasokan tenaga listrik yang berlebih dan sangat memungkinkan bagi para investor. Kami siap melayani mereka," ujar Farid mengacu pada pasokan listrik yang juga berlebih di Sorong dan Nabire.

Terkait penyelenggaraan PON Papua, Farid mengatakan PLN bekerja secara totalitas, bahkan ketika ada permohonan layanan baru diselesaikan segera pada hari yang sama. Permohonan sambungan listrik secara bersama dalam jumlah besar telah diantisipasi PLN dengan membangun komunikasi bersama para pemangku kepentingan.

"Sinergi dan komunikasi yang baik sangat membantu kami bergerak cepat dan sigap melayani semua kebutuhan mendesak," kata Farid.

PLN telah mengalokasikan anggaran hingga Rp 313 miliar guna mendukung pelaksanaan PON Papua. Anggaran itu digunakan untuk pembangunan jaringan baru dan pembelian genset dan UPS. Sedangkan Rp 5 miliar digunakan sebagai dana sponsor kegiatan PON Papua.

Baca juga : Hari Ini Ada 72 Emas dari 12 Cabang Olahraga PON XX Papua

sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA