Sunday, 11 Rabiul Awwal 1443 / 17 October 2021

Sunday, 11 Rabiul Awwal 1443 / 17 October 2021

Satgas Prokes PON Salurkan Masker ke Sekolah

Rabu 13 Oct 2021 09:52 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Ilham Tirta

Sejumlah siswa mengenakan masker saat mengikuti pembelajaran tatap muka (ilustrasi).

Sejumlah siswa mengenakan masker saat mengikuti pembelajaran tatap muka (ilustrasi).

Foto: ANTARA/Fikri Yusuf
Siswa dan guru diharapkan tetap menerapkan prokes saat pembelajaran tatap muka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang tergabung dalam Satuan Tugas Protokol Kesehatan (Satgas Prokes) PON XX memberikan masker ke sekolah dan tempat ibadah di Kota Jayapura. Ini sebagai bagian dari kontribusi BNPB dalam penyelenggaraan PON XX, khususnya menegakkan disiplin protokol kesehatan.

Supervisor Prokes Kota Jayapura, Rus Nurhadi mengatakan, BNPB mengajak masyarakat agar menaati prokes, serta menggunakan masker. Kegiatan pembelajaran tatap muka secara langsung sudah dimulai per 11 Oktober 2021.

"Mengantisipasi penularan Covid-19, kami serahkan 2.000 masker ke SMP YPK Kotaraja. Bagi para siswa diharapkan dapat menjadi agen perubahan perilaku dengan ikut mengajak keluarga, teman dan orang disekitarnya untuk tetap menjalankan prokes," kata Rus dalam keterangan pers yang diterima pada Rabu (13/10).

Rus berharap para siswa dan guru saat melakukan pembelajaran tatap muka tetap menerapkan prokes. "Jangan lupa selalu menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," ujar Rus.

Kepala SMP YPK Kotaraja Patanduk Biring, mengucapkan terima kasih atas pemberian masker dari BNPB. Ia berharap pemberian masker ini dapat mencegah penularan Covid-19.

Saat ini siswa SMP YPK Kotaraja berjumlah 525 orang. PPKM dilakukan dengan dua mata pelajaran per hari selama 4 jam. Siswa yang hadir dibatasi 50 persen dari jumlah keseluruhan.

Baca juga: Hotel Grand Cempaka Jadi Lokasi Isoter Atlet DKI dari PON

"Pembelajaran tatap muka diberlakukan kembali harus dibarengi dengan prokes, yaitu guru dan siswa menggunakan masker, menjaga jarak, dan pengecekan suhu. Hal ini sejalan dengan program pencegahan penularan Covid-19," ujar Patanduk

Selain ke sekolah, Satgas Prokes Kota Jayapura memberikan masker ke Gereja Bethel Indonesia sebanyak 1.000 masker. Penyerahan masker ke Gereja Kristen Indonesia Pniel sebanyak 2.000 masker. Penyerahan masker ke Masjid Al-Ihsan sebanyak 2.000 masker.

Berdasarkan data dari posko Satgas Prokes PON XX Kota Jayapura, sejak 26 September s/d 12 Oktober 2021, sebanyak 514.000 masker telah diberikan kepada masyarakat Kota Jayapura. Secara total, sudah 1.842.395 masker yang dibagikan di empat kabupaten/kota pelaksana PON XX Papua.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA