Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

Denmark Lolos ke Piala Dunia, Pelatih: Saatnya Nikmati Ini

Rabu 13 Oct 2021 07:20 WIB

Red: Israr Itah

Pelatih nasional Denmark Kasper Hjulmand.

Pelatih nasional Denmark Kasper Hjulmand.

Foto: Mads Claus Rasmussen/Ritzau Scanpix via AP
Denmark menyusul Jerman lolos ke Qatar 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, KOPENHAGEN -- Denmark menjadi tim ketiga yang dipastikan menggenggam tiket ke putaran final Piala Dunia 2022. Semifinalis Euro 2020 itu lolos ke Qatar 2022 sebagai juara Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa. Kepastian ini didapatkan Denmark usai membungkam Austria 1-0 , Rabu (13/10) dini hari WIB. 

Tim Dinamit, julukan Denmark, menanh lewat gol semata wayang Joakim Maehle pada menit ke-53. Kemenangan pada laga ini sekaligus menajamkan rekor impresif Denmark di Grup F. Simon Kjaer dan kawan-kawan memetik 100 persen kemenangan dari delapan laga penyisihan. Torehan impresif ini mengantarkan Denmark memimpin Grup F dengan raihan 24 poin, unggul tujuh poin dari Skotlandia. Denmark  sudah tidak mungkin dikejar Skotlandia dalam dua laga pamungkas penyisihan Grup F, bilan depan.  

Denmark juga menjaga catatan clean sheet di delapan laga itu.

Pelatih timnas Denmark Kasper Hjulmand  menyebut,  pencapaian luar biasa ini merupakan hadiah terbesar buat semua pihak di sepak bola Denmark. Mulai dari federasi, klub, tim pelatih, hingga para pemain. ''Atas nama sepak bola Denmark, Anda bisa mencubit diri Anda. Ada begitu banyak pihak yang telah membantu kami di posisi saat ini. Kami sangat senang dan saatnya menikmati momen ini,'' tutur Hjulmand seperti dilansir laman Der Nordschleswiger, Rabu (12/10). 

Secara khusus, Hjulmand memuji keberhasilan anak-anak asuhnya tampil konsisten di delapan laga kualifikasi Piala Dunia 2022. Menurutnya, para penggawa Denmark bisa menjaga antusiasme dan gairah di setiap laga. Hjulmand pun kehabisan kata-kata untuk menggambarkan pencapaian tim asuhannya tersebut.

''Sangat sulit menggambarkan apa yang kami raih, apa yang kami tampilkan di delapan laga. Selama periode itu, kami mencetak begitu banyak gol (27 gol) dan tidak kebobolan. Bahkan, saya kira, kami hanya mendapatkan total empat kali tembakan dari tim lawan dari delapan laga tersebut,'' kata pelatih berusia 49 tahun tersebut. 

Atas capaian ini, Denmark menyusul Jerman yang telah lebih dulu memastikan satu tiket di putaran final Piala Dunia 2022. Dengan begitu, ditambah Qatar sebagai tuan rumah, sudah ada tiga tim yang dipastikan merumput di Qatar 2022. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA