Rabu 13 Oct 2021 06:45 WIB

Sandiaga Terus Dorong Indonesia Bangkit Melalui Desa Wisata

Desa Wisata memang bisa meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan masyarakat. 

Menparekraf Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Tinalah, Kabupaten Kulon Progo, D.I Yogyakarta.
Foto: Istimewa
Menparekraf Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Tinalah, Kabupaten Kulon Progo, D.I Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, KULON PROGO -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan, Desa wisata bukan hanya untuk kegiatan desa.  Namun, bisa juga dimanfaatkan untuk menyejahterakan masyarakat. 

"Desa Wisata memang bisa meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan masyarakat," kata Sandiaga dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Rabu (13/10).

 

photo
Menparekraf Sandiaga Uno di Desa Wisata Tinalah, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. - (Istimewa )

 

Dia pun mencotohkan hal itu, seperti yang dilakukan di Desa Wisata Tinalah, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Menurutnya, kegiatan yang ada di desa wisata tersebut yakni dengan memanfaatkan tempat perkemahan untuk hal lain. 

“Jadi, manfaatkan sebaik mungkin buat kesejahteraan dan kebangkitan ekonomi masyarakat,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu juga, Sandi menghadiahkan laptop untuk anak-anak yang sudah membentuk komunitas belajar. "Laptop ini untuk belajar di rumah, dimana saat ini, sedang melaksanakan pembelajaran di rumah," kata dia. Pemberian ini pun bisa mendukung kebangkitan Indonesia bangkit. 

Sebelumnya, para pelajar tersebut mengunakan laptop pinjaman untuk kegiatan belajar di desa tersebut. “Semoga ini bermanfaat, dan bisa mmebantu untuk pembelajaran,” katanya.

Menurutnya, pembelajaran di rumah dilakukan karena wifi yang dimiliki oleh desa ini sangat kencang. Sehingga, mendukung kegiatan belajar mereka. 

Selanjutnya masih di area yang sama, 'Mas Menteri' mencoba satu aplikasi Ai. Yaitu aplikasi yang bisa 'Baca Aura' yang diciptakan oleh Pokdarwis. 

Dimana Ai ini dapat membaca aura orang dengan cara melakukan selfie, dan hasilnya dikorelasikan dengan sifat-sifat tanaman yang ada di Desa Wisata Tinalah. “Ini cukup menarik, dan hasilnya memang menarik banget,” tutur Sandi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement