Rabu 13 Oct 2021 06:19 WIB

Program Samisade di Ciawi Bangun Infrastruktur Empat Desa

Di Kecamatan Ciawi terdapat 62 unit rumah tak layak huni yang mendapatkan bantuan.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Bilal Ramadhan
Bupati Bogor, Ade Munawaroh Yasin
Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Bupati Bogor, Ade Munawaroh Yasin

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor terus bergulir di sejumlah desa di Kecamatan Ciawi. Program tersebut di antaranya berjalan melalui pembangunan infrastruktur desa.

Bupati Bogor, Ade Munawaroh Yasin menyebutkan, dari 13 desa yang ada di Kecamatan Ciawi, empat di antaranya sudah melaksanakan pembangunan dengan baik. Dengan melakukan betonisasi jalan dan jembatan, irigasi, dan pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT).

“Di antaranya pembangunan 4.080 meter jalan, 1.210 meter Tembok Penahan tanah (TPT), dan 14 meter betonisasi jembatan,” ujar Ade Yasin, Selasa (12/10).

Lebih lanjut, Ade Yasin menyebutkan, empat desa di Kecamatan Ciawi yang sudah merealisasikan anggaran Samisade yakni, Desa Citapen, Desa Banjarsari, Desa Teluk Pinang, dan Desa Bojong Murni. Seluruh desa tersebut, telah merealisasikan anggaran samisade sebesar 100 persen.

Realisasi anggaran tersebut, dikatakan Ade Yasin, melalui pembangunan jalan beton 2.360 meter dan TPT 60 meter di Desa Citapen memakan anggaran Rp 1 miliar. Kemudian, betonisasi jalan desa 750 meter dan TPT 1.000 meter dengan anggaran total Rp 920 juta.

“Kemudian betonisasi jalan desa dan jembatan 270 meter, pembangunan TPT 14 meter di Desa Teluk Pinang dengan anggaran Rp 1 miliar. Serta betonissdi 700 meter di Desa Bojong Murni dengan anggaran Rp 626,5 juta,” jelasnya.

Ade Yasin menambahkan, penuntasan rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) juga dijalankan. Secara keseluruhan, porgram ini  tersebar di 40 Kecamatan dan 409 Desa dengan total 2.000 unit Rutilahu dengan anggaran 15 juta rupiah per rumah.

“Di Kecamatan Ciawi terdapat 62 unit Rutilahu yang mendapatkan bantuan melalui anggaran APBD di tahun 2021. Hari ini kita serahkan bantuan sebesar 15 juta per rumah secara simbolis kepada 13 warga Kecamatan Ciawi, satu orang per desa,” pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement