Widy Istirahatkan Status Timnas Saat Bela Jatim di 3x3 PON

Red: Israr Itah

Point guard West Bandits Solo Widyanta Putra Teja (memegang bola) membela Jawa Timur pada basket 3x3 PON XX Papua.
Point guard West Bandits Solo Widyanta Putra Teja (memegang bola) membela Jawa Timur pada basket 3x3 PON XX Papua.
Foto: IBL Indonesia
Widyanta Putra Teja adalah anggota timnas basket putra Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, MIMIKA -- Pemain tim bola basket putra 3x3 Jawa Timur Widyanta Putra Teja mengistirahatkan statusnya sebagai pemain tim nasional Indonesia saat berjuang bersama rekan-rekannya di PON XX Papua. "Ketika saya datang ke sini, timnas saya istirahatkan dahulu," ujar Widy di Mimika Sport Complex, Mimika, Selasa (12/10).

Menurut pemain berusia 24 tahun itu, dengan menepikan sejenak ke-timnas-annya, dia bisa lebih berbaur dengan teman-temannya. Mereka pun lebih lepas dalam berlaga di lapangan. 

Baca Juga

Widy juga terhindar dari beban karena menganggap dirinya setara dengan pemain lain."Saya menganggap diri saya setara dengan teman-teman. Kami bekerja bareng-bareng buat Jawa Timur," tutur point guard klub West Bandits Solo itu.

Widymasuk dalam daftar 12 pemain tim nasional bola basket Indonesia yang disiapkan untuk bertanding di Kualifikasi Piala Dunia FIBA 2023. Nantinya, selepas PON, Widyanta akan bergabung kembali ke skuad Merah Putih untuk menjalani pemusatan latihan (TC). Rencananya, timnas Indonesia akan bertolak ke Amerika Serikat pada akhir Oktober 2021 untuk melanjutkan TC.

Sementara, tim bola basket 3x3 putra Jawa Timur sukses melaju dari fase grup PON XX Papua setelah menorehkan dua kemenangan di Grup A, Selasa (12/10). Pada pertandingan di Mimika Sport Complex, Mimika, Jawa Timur mengalahkan Jawa Tengah 21-15 dan menundukkan Sulawesi Selatan 19-16. Hasil tersebut memastikan Jawa Timur setidak-tidaknya menyegel satu tempat pada babak play-off semifinal. 

Namun, jika mampu menaklukkan Papua pada laga terakhirnya, Rabu (13/10), Jawa Timur dipastikan menjadi juara Grup A dan berhak langsung berada di semifinal.

Berbeda dengan basket 5x5 di mana juara dan runner up grup langsung ke semifinal, di basket 3x3 hanya juara grup yang langsung ke empat besar. Sementara peringkat dua grup akan bertanding melawan peringkat tiga grup sebelahnya. Pemenang akan lolos ke semifinal.

Dengan format ini, tim yang pada awalnya hanya menempati posisi tiga tetap berpeluang membuat kejutan lolos ke final atau juara.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Komentar

Terkait


Atlet Papua Arnoldus Gawai Kai menggigit medali usai menang dalam final lempar cakram PON Papua di Stadion Atletik Mimika Sport Center, Kabupaten Mimika, Papua, Rabu (13/10/2021). Arnoldus meraih medali emas, sementara atlet Sumatera Utara Hardodi Sihombing meraih medali perak dan atlet Jawa Tengah Galih Yoga meraih medali perunggu.

Arnoldus Gawai Kai Raih Emas Lempar Cakram PON XX Papua

Supervisor Subsatgas Prokes Kabupaten Mimika Atmound Fire memberikan masker kepada siswi SMPN 5 Timika, Senin (11/10).

Satgas Prokes PON XX Dukung PTM Aman Covid di Mimika

Atlet terjun payung Lampung melakukan penerjunan dari atas pesawat CN 235-100 M pada pertandíngan babak ke tujuh kelas kerja sama antar parasut PON Papua di Kabupaten Mimika, Papua, Senin (11/10/2021).

Terjun Payung PON Papua Pecahkan Rekor Nasional

Pebulu tangkis tunggal putri Bali Komang Ayu Cahya Dewi berpose saat Upacara Penghormatan Pemenang final Bulu Tangkis Tunggal Putri PON Papua di GOR Waringin Kotaraja, Kota Jayapura, Papua, Rabu (13/10/2021). Saifi Riska Nurhidayah menyabet medali emas, sementara medali perak diraih Komang Ayu Cahya Dewi dan Gabriela Meilani Moningka dan Sri Fatmawati masing-masing meraih medali perunggu.

Pebulu Tangkis Jabar Saifi Riska Raih Emas Tunggal Putri

Kenshi Sumatra Barat Ari Pramanto (kedua kiri) menerima medali emas Kempo nomor randori perorangan putra kelas 70 Kg di GOR STT GIDI Sentani, Rabu (13/10)..

Kenshi Ari Pramanto Raih Emas Pertama Setelah Tiga Edisi PON

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image