Selasa 12 Oct 2021 21:59 WIB

Inalum Berikan Mesin Pemipil Jagung ke Petani di Toba

Inalum berharap bantuan bisa semakin meningkatkan kesejahteraan petani jagung di Toba

Jagung (ilustrasi). Inalum memberikan bantuan mesin pemipil jagung kepada petani di Toba, Sumatra Utara.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Jagung (ilustrasi). Inalum memberikan bantuan mesin pemipil jagung kepada petani di Toba, Sumatra Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Manajemen PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) (Inalum) memberikan bantuan mesin pemipil jagung kepada petani di kawasan Kabupaten Toba, Sumatra Utara.

"Saat ini yang sudah diberikan ke petani di

Baca Juga

Desa Siantar Utara, Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba," ujar Senior Vice President CSR dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Inalum, Ismail Midi di Balige, Sumut, Selasa (12/10).

Menurut dia, bantuan sebanyak lima unit mesin itu diberikan Inalum untuk mendukung petani jagung dalam meningkatkan produksi dan kualitas produk jagung yang dihasilkan. Dengan bantuan mesin pemipil jagung itu, pendapatan petani diharapkan semakin meningkat sehingga kesejahteraan masyarakat semakin meningkat.

"Inalum berharap bantuan bisa semakin. meningkatkan kesejahteraan petani jagung di kawasan Toba, Sumut," kata Ismail.

Mesin pemipil jagung merupakan perlengkapan penting dalam proses hilirisasi produk jagung. Alat pemipil jagung akan memperbaiki hasil jagung pipilan sekaligus proses pekerjaan memipil jagung jauh lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan cara manual.

Anggota Komisi VII DPR, Lamhot Sinaga berharap, Inalum terus membantu petani jagung dan komoditas lainnya di Toba yang tercatat sebagai salah satu produsen terbesar hortikultura di Sumut. Dia mengaku, setelah mendapat laporan petani jagung soal keinginan memiliki mesin pemipil jagung, dirinya membicarakan dengan Inalum.

"Syukur, Inalum merespons baik dan cepat karena sebelumnya Inalum juga sudah memberikan bantuan serupa ke beberapa daerah lain seperti Tapanuli Utara dan Kabupaten Humbang Hasundutan,"kata Lamhot.

Program bantuan itu diharapkan bisa terus dilakukan sehingga produksi jagung Sumut yang juga termasuk produsen terbesar di Indonesia bisa semakin ditingkatkan. "Dengan produksi yang meningkat, petani jagung di Sumut bisa lebih sejahtera seperti yang diharapkan pemerintah," kata dia.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement