Selasa 12 Oct 2021 20:24 WIB

Kabupaten Sidoarjo Kejar Target Vaksinasi 30 Ribu Lansia

Beberapa program bantuan permodalan akan dikucurkan.

Kabupaten Sidoarjo Kejar Target Vaksinasi 30 Ribu Lansia (ilustrasi).
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Kabupaten Sidoarjo Kejar Target Vaksinasi 30 Ribu Lansia (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SIDOARJO -- Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur mengejar target vaksinasi COVID-19 terhadap 30 ribu wargs lanjut usia dari total sasaran sebanyak 150 ribu orang.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mengatakan, saat ini sudah ada sekitar 120 lansia yang sudah menerima suntikan vaksinasi tersebut.

"Sisanya, vaksinasi sebanyak 30 ribu lansia akan dikejar dengan cara jemput bola ke pelosok-pelosok desa," ujarnya di sela pelaksanaan vaksinasi di Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo, Selasa (12/10).

Ia mengatakan, vaksinasilansia di Kabupaten Sidoarjo menurut inmendagri sudah melewati batas level dua. Sedangkan menurut assessment Kemenkes RI, kata dia, Kabupaten Sidoarjo sudah masuk di level 1, karena capaian vaksinasi tahap pertama kepada lansiasudah di atas 40 persen.

"Bidan desa juga dikerahkan untuk mengejar percepatan vaksinasi ini," tukasnya.

Ia mengatakan, kalau 30 ribu ini target dalam dua pekan terus dikejar supaya selesai. "Kemarin sih hitungannya tujuh hari sudah selesai, tapi saya beri kelonggaran agar 30 ribu sisanya itu diselesaikan dalam tiga pekan, itu berarti per kecamatan hanya 300 saja, per hari 300 dikali 18 kecamatan," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, dirinya juga memfokuskan pada pemulihan ekonomi. Beberapa program bantuan permodalan akan dikucurkan. Tahun depan, Pemkab Sidoarjo juga akan mendorong berkembangnya UMKM baru.

Targetnya 10 ribu kelompok UMKM baru akan muncul dengan dukungan dana hibah Pemkab. "Kalau vaksin ini sudah mencapai level 1 walaupun tetap disasar tetapi yang lebih ditekankan besok adalah pemulihan ekonomi pascapandemi," katanya.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement