Selasa 12 Oct 2021 17:30 WIB

Viral Video Parkir Mahal, Ini Peringatan Kadisbudpar Jabar

Kadisparbud mengimbau agar tidak menjual yang mahal-mahal di tempat wisata.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Bilal Ramadhan
Sejumlah kendaraan parkir di depan kawasan wisata hutan pinus di kawasan Bandung, Jawa Barat.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Sejumlah kendaraan parkir di depan kawasan wisata hutan pinus di kawasan Bandung, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Beredar video viral tiga warga Lembang, Kabupaten Bandung Barat yang mematok tarif parkir Rp 150 ribu untuk kendaraan bus di kawasan wisata Farmhouse, Ahad (11/10).

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik mengatakan, harga tarif parkir mahal akan memberikan kesan negatif kepada para wisatawan. Imbasnya, jumlah kunjungan pun menurun dan berdampak pada ekonomi masyarakat.

"Jika pengalamannya negatif, maka kunjungan juga bisa berkurang. Ini harus kita antisipasi bersama, karena pariwisata ini akan merupakan salah satu sektor yang penting untuk kebangkitan ekonomi di masa pandemi Covid-19," ujar Dedi.

Dedi mengatakan, hal tersebut banyak terjadi di daerah tujuan wisata di Jabar. Ia pun pernah menemukan tarif parkir kendaraan sebesar Rp 150 ribu di salah satu objek wisata yang dikelola bersama dengan warga setempat di wilayah Jabar Selatan.

"Ketika itu kita panggil pengelola, aparat keamanan desa, masyarakat, karang taruna. Kita tekankan kalau mau jualan di tempat wisata tidak boleh sampai mahal-mahal apalagi sampai malak, kita berikan teguran," paparnya.

Dedi pun mengimbau agar para pengelola objek wisata dan warga bisa bersinergi dan saling mendukung roda ekonomi terus berjalan di sektor pariwisata.

Perlu dikatahui, di media sosial viral sebuah video yang memperlihatkan seorang pengunjung mengeluhkan harga parkir bus yang mencapai Rp 150 ribu di kawasan wisata Farmhouse dan The Great Asia Afrika, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Ahad (10/10).

Setelah video itu viral, polisi melakukan penelusuran dan menangkap tiga pelaku parkir liar. Saat ini, ketiganya sudah diamankan dan sedang dimintai keterangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement