Sunday, 18 Rabiul Awwal 1443 / 24 October 2021

Sunday, 18 Rabiul Awwal 1443 / 24 October 2021

Xavi Terbuka untuk Tawaran Melatih Barcelona

Selasa 12 Oct 2021 18:48 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Muhammad Akbar

Xavi Hernandez

Xavi Hernandez

Foto: EPA/MARCUS BRANDT
Tekanan pada Ronald Koeman semakin kuat setelah awal buruk Barcelona

REPUBLIKA.CO.ID, KATALAN -- Xavi Hernandez telah menjauhkan diri dari posisi manajerial Barcelona tetapi menjelaskan bahwa dia akan menilai tawaran itu, jika memang tiba.

Tekanan pada Ronald Koeman semakin kuat setelah awal buruk Barcelona untuk kampanye La Liga dan Liga Champions mereka musim ini.

Klub Catalan saat ini berada di urutan kesembilan di La Liga, sementara kampanye Liga Champions mereka dimulai dengan dua kekalahan beruntun 3-0 dari Bayern Muenchen dan Benfica. 

Masa depan Koeman telah dipertanyakan sejak awal musim, dan meskipun presiden klub Joan Laporta mendukung pelatih asal Belanda itu, tampaknya ia akan diganti jika hasil buruk terus berlanjut.

Xavi disebut-sebut sebagai pilihan pertama Barcelona untuk menggantikan Koeman, tetapi legenda Camp Nou itu tampaknya puas dengan posisinya di Al Sadd saat ini. 

Mantan pemain internasional Spanyol itu telah menanamkan gaya permainan menyerang mantan klubnya yang terkenal dan membawa mereka meraih gelar pada tahun 2021, tanpa kehilangan satu pertandingan pun.

Pendukung Barcelona akan menyambut pahlawan mereka dengan tangan terbuka, tetapi Xavi telah mengindikasikan bahwa sementara dia terbuka untuk semua kemungkinan dia akan menilai tawaran itu sebelum membuat keputusan tentang masa depannya.

Pria Spanyol itu ingin memastikan dia meninggalkan warisan di klub Timur Tengah setelah pertama kali membintangi mereka sebagai pemain sebelum mengambil alih kepelatihan.

"Setiap tawaran akan dihargai dan kemudian diputuskan," kata Xavi, dikutip dari IB Times, Selasa (12/10). "Saya tidak tahu ke mana masa depan saya akan membawa saya, tetapi saya terbuka untuk segala kemungkinan," tambahnya.

Sementara Xavi tetap menjadi target utama Barcelona, mereka juga melihat kandidat potensial lain untuk mengambil alih dari Koeman jika manajer Belanda gagal menahan penurunan yang sedang berlangsung. 

Di antara mereka adalah manajer Belgia Roberto Martinez dan mantan bos Juventus Andrea Pirlo, yang merupakan kandidat yang mengejutkan karena kurangnya pengalamannya di level atas.

Koeman kemungkinan akan diberikan beberapa pertandingan lagi setelah jeda internasional yang sedang berlangsung untuk mempertaruhkan klaimnya untuk masa depan jangka panjang di Camp Nou. Pelatih asal Belanda itu bisa memiliki Sergio Aguero dan Ousmane Dembele kembali ke skuad setelah mereka kembali berlatih.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA