Tuesday, 3 Jumadil Awwal 1443 / 07 December 2021

Tuesday, 3 Jumadil Awwal 1443 / 07 December 2021

Southgate Galau pada Keputusan Guardiola, Soal Apa?

Selasa 12 Oct 2021 17:45 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Muhammad Akbar

Reaksi manajer Inggris Gareth Southgate pada final UEFA EURO 2020 antara Italia dan Inggris di London, Inggris, Senin (12/7) dini hari WIB.

Reaksi manajer Inggris Gareth Southgate pada final UEFA EURO 2020 antara Italia dan Inggris di London, Inggris, Senin (12/7) dini hari WIB.

Foto: EPA-EFE/Andy Rain
Southgate tengah menghadapi loyalitas ganda, terkait dengan keputusan Guardiola

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER --John Stones dan Raheem Sterling menjadi pemain yang tampil baik bersama tim nasional Inggris maupun Manchester City. Keduanya tampil di final Liga Champions dan Euro 2020. Maka tidak berlebihan kalau keduanya dianggap sebagai pemain paling bersinar di antara generasi mereka.

Musim lalu, Sterling dan Stones menjadi pemain kunci Pep Guardiola. Keduanya menjadi starter di final Liga Champions melawan Chelsea, dan dalam kekalahan adu penalti melawan Italia di Wembley.

Dengan tiket Piala Dunia Qatar yang sudah di depan mata, Stones dan Sterling harus diperlakukan dengan hati-hati. Hal tersebut untuk memastikan mereka masih menjadi pilihan utama Gareth Southgate dan Inggris. Stones telah melalui itu.

Setelah digantikan Aymeric Laporte dan Ruben Dias di City, pemain jebolan akademi Barnsley itu menunjukan tekadnya untuk kembali mendapatkan tempat utama, baik di klub maupun Inggris.

Sementara Sterling, harus menghadapi persaingan keras dari rekan senegaranya di klub, yaitu Jack Grealish. Sterling mulai kehilangan tempat utama di klub, dengan Guardiola lebih memilih Grealish sebagai penyerang di sisi kiri.

Tapi, terlepas dari bersinarnya Grealish, Southgate tetap memberi peluang untuk Sterling. Sementara Stones mendapatkan tempat utama di saat Harry Maguire cedera.

Oleh karena itu, Southgate tengah menghadapi loyalitas ganda, yang terkait dengan keputusan Guardiola di Man City.

Sebab tidak bisa dipungkiri kalau tim pilihan Guardiola akan memberikan dampak ikutan terhadap tim nasional Inggris, yang memanggil sejumlah pemain City di skuad the Three Lions.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA