Saturday, 19 Jumadil Akhir 1443 / 22 January 2022

Saturday, 19 Jumadil Akhir 1443 / 22 January 2022

Berapa Banyak Food Loss-Food Waste Orang Indonesia?

Selasa 12 Oct 2021 15:51 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Food waste di Indonesia terbilang tinggi karena masyarakat belum berubah, masih suka membuang-buang makanan.

Food waste di Indonesia terbilang tinggi karena masyarakat belum berubah, masih suka membuang-buang makanan.

Foto: REUTERS/Carlos Jasso
Bappenas ungkap food loss-food waste orang Indonesia per tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berapa banyak jumlah bahan pangan yang berkurang karena proses produksi (food loss) serta makanan konsumsi yang terbuang (food waste) yang dihasikan orang Indonesia? Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) menyebutkan, angkanya bisa mencapai 184 kg per orang dalam setahun.

"Ternyata angka 184 kg per orang per tahun juga termasuk perhitungan dari food loss, dari sisi produksi. Mulai dari beras ditanam sampai ke piring kita, totalnya semua 184 kg per orang per tahun," kata Direktur Lingkungan Hidup Kementerian PPN/Bappenas Medrilzam dalam webinar mengenai food waste dipantau di Jakarta, Selasa.

Baca Juga

Medrilzam menyebutkan, angka tersebut hasil dari kajian tim yang dibentuk oleh Kementerian PPN/Bappenas bersama para pakar di bidang pangan. Hasil tersebut mengoreksi jumlah food waste Indonesia yang disebut oleh Economist Intelegence Unit sebanyak 300 kg per orang per tahun.

Menurut Medrilzam, jumlah food loss dan food waste sebesar 184 kg per orang per tahun tetap saja jumlah yang besar. Ini sangat tidak efisien serta merugikan jika dilihat dari sisi ekonomi.

"Secara ekonomi, merugikan sekali, banyak sekali makanan terbuang kalau dihitung bisa sampai 4-5 persen PDB kita, dan yang terbuang itu setara dengan memberi makan 61 juta sampai dengan 125 juta orang," kata dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA