Thursday, 15 Rabiul Awwal 1443 / 21 October 2021

Thursday, 15 Rabiul Awwal 1443 / 21 October 2021

Sulsel Terima 57.330 Dosis Vaksin Pfizer

Selasa 12 Oct 2021 00:06 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Sejumlah petugas menurunkan kotak berisi vaksin Pfizer dari pesawat untuk didistribusikan (ilustrasi)

Sejumlah petugas menurunkan kotak berisi vaksin Pfizer dari pesawat untuk didistribusikan (ilustrasi)

Foto: ANTARA/Jessica Helena Wuysang
Vaksin jenis Pfizer ini hanya distribusikan untuk Kota Makassar.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Pemerintah pusat untuk pertama kalinya telah mendistribusikan Vaksin Pfizer sebanyak 57.330 dosis dari sekitar 500 vial vaksin bagi Provinsi Sulawesi Selatan. "Kita telah terima dua hari lalu sebanyak 57.330 dosis vaksin Pfizer. Ini untuk pertama kalinya," ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan Muhammadong di Makassar, Senin (11/10).

Muhammadong mengatakan bahwa vaksin jenis Pfizer ini hanya distribusikan untuk Kota Makassar. Sebab pada penyimpanan vaksin BioNTech Pfizer ini butuh tempat penyimpanan khusus yang berbeda dari vaksin sinovac maupun moderna.

Baca Juga

Sementara mengenai peruntukannya, vaksin Pfizer akan diberikan kepada warga Makassar dan sekitarnya yang belum sama sekali melaksanakan vaksinasi. Sementara distribusi vaksin jenis moderna belum diperoleh informasi lanjutan. "Moderna belum ada info, tapi Pfizer sudah ada masuk lebih dari 500 vial, itu datang dua hari lalu dan sudah ada lokasinya khusus di Makassar karena penyimpanannya agak beda dengan moderna," ujarnya.

Selain itu, Muhammadong menilai bahwa distribusi vaksin Covid-19 di Sulsel mengalami kemajuan karena stok tidak pernah kosong dan terus memenuhi permintaan masyarakat. Meskipun angkanya tidak banyak, tetapi pemenuhan vaksin berkelanjutan. Hanya saja, menurut Muhammadong animo masyarakat untuk ikut suntik vaksin di daerah terbilang menurun ditengarai kasus Covid-19 yang juga dianggap sudah mulai melandai. "Di samping itu juga memang pemahaman masyarakat karena terlokalisasi di beberapa kabupaten saja dan animo masyarakat memang yang sudah sangat rendah," katanya.

Berbeda dengan Kota Makassar, cakupan vaksinasinya menunjukkan tren positif dan telah mencapai angka 66,7 persen. Sedangkan cakupan vaksinasi Sulsel hingga 9 Oktober mencapai 35, 19 persen dosis 1 dan 21,45 persen. "Alhamdulillah persentase sudah cukup membaik. Distribusi vaksin juga sudah terus menerus terdistribusi dengan baik, yang tinggal di pelosok itu juga tetap menjadi perhatian," ujar dia.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA