Senin 11 Oct 2021 20:38 WIB

Airlangga Berpeluang Buka Poros Lawan Koalisi PDIP-Gerindra

Airlangga dinilai berpeluang buka poros lawan koalisi PDIP-Gerindra

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto
Foto: istimewa
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemilihan Presiden 2024 membuka Peluang koalisi  PDI-P Gerindra dalam hal ini pasangan Prabowo-Puan Maharani berhadapan dengan koalisi Airlangga yang didukung partai politik lainnya.

"Gerindra bisa masuk ke semua kalangan (parpol).  Tapi kalau melihat portofolionya bisa dikunci PDIP, karena kan Puan-Prabowo, atau Prabowo-Puan, kan begitu," ujar pengamat UIN, Adi Prayitno dalam keterangan persnya, Senin (11/10)

Baca Juga

Adi mengatakan pasangan ini bisa berhadapan dengan capres dari partai Golkar yakni Airlangga yang belakangan ini digadang-gadangkan berpasangan dengan elit partai lain.

"Golkar misalnya bisa masuk ke PKB dan Demokrat karena ketum mereka juga mengincar. Bahkan PPP juga disitu, kan mulai dijodoh jodohin tuh Airlangga - Cak Imin atau Airlangga - Suharso," ujarnya.

Prayitno menyebutkan tiga partai yang secara tradisi memasang calonnya dalam setiap pilpres, termasuk nantinya di 2024. 

Ketiganya yakni PDI-P, Gerindra dan Golkar yang saat ini merupakan tiga besar partai politik dengan jumlah kursi signifikan di parlemen.

"PDI-P sudah bisa maju sendiri, Golkar dan gerindra tinggal cari satu atau dua partai lagi untuk menggenapi ambang batas presiden, dan dua partai ini punya tradisi maju," jelasnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement