Friday, 28 Rabiul Akhir 1443 / 03 December 2021

Friday, 28 Rabiul Akhir 1443 / 03 December 2021

Hasil Piala Uber: Indonesia Menang 4-1 atas Prancis

Senin 11 Oct 2021 19:43 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Pebulutangkis tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung.

Pebulutangkis tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung.

Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan
Indonesia akan dipastikan lolos ke perempat final jika Jepang mengalahkan Jerman.

REPUBLIKA.CO.ID, DENMARK -- Tim Bulutangkis putri Indonesia berhasil unggul 4-1 dari Prancis pada lanjutan penyisihan Grup A Piala Uber 2021, yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Senin (11/10) siang WIB.

Kemenangan pertama Merah Putih dipersembahkan oleh tunggal putri, Gregoria Mariska Tanjung dengan mengalahkan lawannya Marie Batomene dengan nilai akhir 21-18, 21-13.

Pebulu tangkis asal Wonogiri itu masih cukup tangguh bagi Marie Batomene. Sebab, Jorji, sapaan akrab Gregoria Mariska, mampu mendominasi permainan.

Tren positif tersebut dipertahankan oleh tunggal putri Putri Kusuma Wardani (KW) yang membuat Indonesia unggul menjadi 2-0 atas Prancis. Putri KW berhasil meredam permainan Leonice Huet dua set langsung 21-9 dan 21-8.

Ini merupakan kemenangan kedua Putri KW atas Leonice sebelumnya pebulu tangkis berusia 19 tahun asal Tangerang itu memperdaya Leonice pada ajang Spain Masters.

Sementara itu pada partai ketiga, Indonesia menerjunkan pasangan ganda putri yang berbeda. Greysia Polii yang biasa berpasangan dengan Apriyani Rahayu diistirahatkan dan perannya digantikan Putri Syaikah.

Pada partai ini pasangan ganda Indonesia mendapat perlawanan ketat dari ganda putri Prancis Margot Lambert/ Anne Tran. Greysia Polii/ Putri Syaikah dipaksa untuk memainkan reli-reli panjang.

Meski begitu, Apriyani/ Putri mampu mengatasi permainan lawan dan langsung memimpin 2-0 atas pasangan Prancis yang membuat pasangan Merah Putih mampu memegang kendali permainan. Apriyani/ Putri akhirnya berhasil mengalahkan Lambert/ Tran dengan skor 21-13, 21-10.

Akan tetapi, Greysia Polii dan kawan-kawan perlu lebih dahulu bertemu tim unggulan Jepang pada partai pemungkas fase Grup A 12 November mendatang.

"Dari awal kami jelas sangat antusias masuk lapangan. Kami saling mendukung untuk membangun kekompakan," kata Apriyani menjelaskan, Senin (11/10).

Sementara itu Chika, sapaan akrab Putri Syaikah menyebut sangat gembira bisa bermain dengan Apriyani dan mampu menyumbangkan angka untuk Indonesia. APalagi ini adalah laga debut baginya.

"Alhamdulillah bisa menyumbangkan poin. Apalagi ini pertandingan pertama saya di kejuaraan besar. Saya sangat berterima kasih dengan Apriyani yang terus membantu saya," sambung Chika menjelaskan.

Di sisi lain, pelatih ganda putri Eng Hian sangat senang dengan upaya dan kerja keras yang ditunjukan Apriyani dan Chika. Ia mengaku meski baru dipasangkan sebagai tandem keduanya mampu bermain sangat baik.

"Kemenangan berharga untuk semua dan selain itu Apriyani bisa membawa Chika bermain tenang dan bagus," kata Didi sapaan Eng Hian.

Adapun pada partai keempat yang mempertemukan Nandini dengan atlet peringkat 76 dunia, Hoyaux berakhir pilu bagi Merah Putih.

Pasalnya, Nandini yang menjalani debut di Piala Uber 2021 harus menyerah lantaran mengalami cedera menjelang akhir rubber gim dengan skor akhir 12-21, 21-16 dan 20-17 untuk kemenangan Hoyaux.

Dini pun mengaku menyesal harus memupus asa untuk bisa menyumbangkan angka bagi tim Merah Putih.

"Sakit sekali. Padahal tadi kondisi saya sudah lumayan bagus bisa memberikan perlawanan," kata Dini menjelaskan penyesalannya.

Kemenangan Merah Putih terakhir didapat dari pasangan ganda putri Siti Fadia Silva Ramadhanti/ Ribka Sugiarto setelah menang 23-21 dan 22-20 atas lawannya Marie Batomene/ Delphine Delrue.

Praktis hasil ini memastikan kemenangan Indonesia 4-1 atas Prancis. Skuad Merah Putih dipastikan lolos perempat final Piala Uber 2021 apabila Jepang mampu menaklukkan Jerman.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA