Tuesday, 20 Rabiul Awwal 1443 / 26 October 2021

Tuesday, 20 Rabiul Awwal 1443 / 26 October 2021

Tips Sukses Melamar Pekerjaan

Senin 11 Oct 2021 18:28 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Pencari kerja memindai barcode saat melamar pekerjaan dalam Pameran Bursa Kerja di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (3/12/2019).

Pencari kerja memindai barcode saat melamar pekerjaan dalam Pameran Bursa Kerja di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (3/12/2019).

Foto: Antara/Wahyu Putro A
Skil merupakan hal utama yang penting untuk dimiliki sebelum melamar pekerjaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak trik bisa dilakukan untuk melamar pekerjaan. Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan bahwa menurutnya, kemampuan atau skil merupakan hal utama yang penting untuk dimiliki sebelum melamar pekerjaan.

"Skil itu tidak satu. Skil itu harus kompleks, karena tugas kita dalam melakukan pekerjaan itu memang kompleks. Kemudian lengkapi dan upgrade, update skill itu secara terus menerus karena tantangan pekerjaan itu selalu berubah," ungkap Denni.

Baca Juga

Selanjutnya, Denni mengatakan bahwa persiapan juga penting untuk dilakukan setelah memiliki sertifikat dan mengembangkan kemampuan diri. Hal ini perlu dilakukan agar pelamar dapat melakukan keahliannya saat melakukan test di perusahaan.

"Kemudian lakukan persiapan. Karena sertifikat atau skil itu saja nggak cukup. Harus kemudian kita ulang-ulang sampai sangat mahir supaya nanti ketika ditest, kita bisa melakukannya," ujar Denni.

Selain itu, Denni menjelaskan bahwa salah satu hal yang banyak diabaikan oleh pelamar adalah tidak menulis surat lamaran dan CV dengan baik. Padahal penulisan yang baik merupakan penilaian dari perusahaan.

"Yang penting juga adalah tulis surat lamaran kamu itu dengan sangat baik. Jadi sangat baik itu pertama simple, pendek tapi jangan ada salah ketik satu pun. Itu kelemahan dari angkatan kerja Indonesia. Tidak teliti, buru buru, asal submit, sukanya mepet-mepet. Itu tolong diubah kultur itu semua," tegasnya.

 

sumber : antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA