Senin 11 Oct 2021 15:55 WIB

Pesawat Ruang Angkasa Rilis Gambar Permukaan Merkurius

BepiColombo berada hanya dalam jarak 200 kilometer dari permukaan Merkurius.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Foto permukaan Merkurius yang diambil BepiColombo.
Foto: esa
Foto permukaan Merkurius yang diambil BepiColombo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pesawat ruang angkasa BepiColombo, proyek bersama badan antariksa Eropa dan Jepang telah mencapai perjalanan ke Merkurius pada 2 Oktober lalu. BepiColombo berada hanya dalam jarak 200 kilometer dari permukaan planet.

Selama kunjungan pertama BepiColombo di Merkurius, bidang pendang kamera pemantau dua dan tiga dilacak di seluruh planet ini. Kamera tiga menunjukkan bagian dari belahan Bumi selatan, dimulai dengan pemandangan matahari terbit di atas Astrolabe Rupes, fitur mencolok yang dinamai dari kapal penjelajah Antartika Prancis.

Baca Juga

Astrolabe Rupes adalah lobate scarp sepanjang 250 km, sebuah struktur melengkung panjang yang menandai tempat satu bagian dari kerak planet telah terdorong ke medan terdekat, karena seluruh planet berkontraksi saat perlahan mendingin. Ada beberapa fitur setara yang jauh lebih kecil di Bulan, tetapi Merkurius adalah satu-satunya benda langit terdekat di mana lobate scarps diketahui terjadi dalam skala besar.

Empat menit kemudian, perspektif telah cukup berubah untuk mengungkapkan area yang lebih luas. Termasuk banjir lahar, kawah Haydn selebar 251 km, dan Pampu Facula, salah satu dari banyak titik terang yang kemungkinan terbentuk oleh letusan gunung berapi yang eksplosif.

Kedua fitur tersebut membuktikan sejarah vulkanik Merkurius yang panjang, paling aktif lebih dari tiga miliar tahun yang lalu tetapi mungkin bertahan sampai sekitar satu miliar tahun yang lalu. Sementara, kamera dua fokus pada belahan utara Merkurius, termasuk wilayah di sekitar kawah Calvino atau lokasi penting untuk menguraikan apa yang ada di lapisan kerak Merkurius.

Itu juga menunjukkan kawah Lermontov, sebuah wilayah yang tampak cerah karena menjadi tuan rumah bagi endapan vulkanik dan lubang, di mana bahan volatil kerak yang saat ini tidak diketahui hilang ke luar angkasa melalui proses misterius. Misi MESSENGER dari Badan Antariksa Amerika (NASA) mengorbit Merkurius antara 2011 dan 2015, mengungkapkan tentang planet yang masih dipenuhi dengan berbagai pertanyaan. 

Diantaranya adalah mengapa Merkurius memiliki fitur seperti gunung berapi eksplosif dan lubang aneh dan unik di permukaannya hanyalah salah satu masalah yang kami harap akan dipecahkan oleh penelitian lebih lanjut. Begitu berada di orbit, muatan instrumen ilmiah canggih BepiColombo akan membantu kita memahami lebih banyak tentang bagaimana Merkurius terbentuk dan terbuat dari apa.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement