Senin 11 Oct 2021 15:46 WIB

Timur Tengah Tunjukkan Dukungan pada Pemerintah Suriah

Dukungan untuk pemerintah Suriah diberikan Timur Tengah.

Rep: Ratna ajeng tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
Timur Tengah Tunjukkan Dukungan pada Pemerintah Suriah. Foto: Kota Deir al-Zour di peta Suriah
Foto: syrianperspective
Timur Tengah Tunjukkan Dukungan pada Pemerintah Suriah. Foto: Kota Deir al-Zour di peta Suriah

REPUBLIKA.CO.ID,ISTANBUL -- Negara-negara Teluk kembali memperhatikan pemerintah Suriah dibawah Bashar al Assad. 

Dilansir di duvarenglish.com, Ahad, (10/10), analis reuters mengamati bahwa Turki kembali mendukung negara-negara Islam di berbagai wilayah. Kini  pemimpin Arab juga telah mengubah sikap mereka terhadap Assad meskipun Barat masih menyalahkannya atas perang di Suriah. 

Baca Juga

Pergeseran sedang berlangsung di Timur Tengah di mana sekutu Arab, Amerika Serikat memberikan perhatian kepada pemimpin Suriah dengan menghidupkan kembali hubungan ekonomi dan diplomatik.

Perpanjangan masa kepresidenan Assad yang berusia dua dekade dalam pemilihan pada Mei tidak banyak mematahkan status parianya di antara negara-negara Barat, tetapi bagi sesama pemimpin Arab menerima kenyataan bahwa ia mempertahankan cengkeraman yang kuat pada kekuasaan.

Penarikan AS yang kacau dari Afghanistan telah memperkuat keyakinan di antara para pemimpin Arab bahwa mereka perlu menentukan arah mereka sendiri. Karena AS kini tengah disibukkan dengan tantangan Cina.

Pemimpin Arab didorong oleh prioritas mereka sendiri, terutama bagaimana merehabilitasi ekonomi yang dihantam oleh konflik bertahun-tahun dan pandemi Covid-19.

Pertimbangan politik juga tampak dilakukan pemerintah Mesir, Yordania dan UEA, termasuk pendukung paling kuat Assad, Rusia, yang telah mendesak untuk reintegrasi Suriah, dan bagaimana melawan pengaruh yang diukir di Suriah oleh Iran dan Turki.

Tapi sementara tanda-tanda pemulihan hubungan Arab dengan Damaskus tumbuh, Raja Abdullah dari Yordania berbicara kepada Assad untuk pertama kalinya dalam satu dekade terakhir.

Pemerintah AS mengatakan tidak ada perubahan dalam kebijakannya terhadap Suriah, yang menuntut transisi politik sebagaimana diatur dalam resolusi Dewan Keamanan. Sanksi AS yang menargetkan Suriah, diperketat di bawah Presiden Donald Trump, masih menjadi hambatan serius bagi perdagangan.

Namun di AS, para analis mengatakan Suriah hampir tidak menjadi prioritas kebijakan luar negeri bagi pemerintahan Presiden Joe Biden. Mereka mencatat bahwa mereka sedang fokus untuk melawan China dan bahwa pemerintahannya belum menerapkan sanksi apa yang disebut Caesar Act. Perjanjian yang mulai berlaku tahun lalu ini memiliki maksud untuk menambah tekanan pada Assad.

Setelah diperingatkan agar tidak berurusan dengan Damaskus oleh pemerintahan Trump, negara-negara Arab kembali menekan masalah ini.

"Sekutu AS di dunia Arab telah mendorong pemerintah AS untuk mencabut pengepungan di Damaskus dan memungkinkan reintegrasinya ke wilayah Arab," kata David Lesch, pakar Suriah di Trinity University di Texas.

Ini menandai pergeseran dari tahun-tahun awal konflik ketika Suriah diusir dari Liga Arab dan negara-negara termasuk Arab Saudi, Yordania dan Uni Emirat Arab mendukung beberapa pemberontak yang memerangi Assad.

Konflik selama satu dekade, yang muncul dari pemberontakan rakyat melawan Assad selama Arab Spring, telah menewaskan ratusan ribu orang, mengeluarkan separuh populasi dan memaksa jutaan orang ke negara-negara yang berdekatan dan Eropa sebagai pengungsi.

Pihak anti-Assad masih memiliki pijakan di utara, dengan dukungan dari Turki. Sementara itu wilayah timur dan timur laut dikendalikan oleh pasukan pimpinan Kurdi yang didukung oleh Amerika Serikat.

Tapi sementara konflik belum terselesaikan, Assad kembali mengendalikan sebagian besar Suriah dengan dukungan Rusia dan Iran. Yordania, tetangga Suriah di selatan, telah memimpin perubahan kebijakan Arab dengan ekonomi yang sedang menurun dan hubungan yang sulit dengan tetangganya yang kaya di Teluk, Arab Saudi.

Perbatasan antara Suriah dan Yordania dibuka kembali sepenuhnya untuk perdagangan bulan lalu, dan Amman telah menjadi kekuatan pendorong di balik kesepakatan untuk menyalurkan gas alam Mesir ke Lebanon melalui Suriah, dengan persetujuan AS yang jelas.

“Ketika Yordania memecahkan hambatan ini dan membangun hubungan dan pada kecepatan ini, akan ada negara-negara yang akan mengikutinya,” Samih al-Maaytah, mantan menteri dan analis politik Yordania, mengatakan kepada Al Mamlaka, sebuah lembaga penyiaran milik negara.

Perlintasan itu pernah dilalui oleh ratusan truk setiap hari yang mengangkut barang antara Eropa, Turki, dan Teluk. Menghidupkan kembali perdagangan akan menjadi dukungan bagi Yordania dan Suriah, yang ekonominya berada dalam krisis yang mendalam. Ini juga akan membantu Lebanon, yang sekarang menderita salah satu depresi ekonomi paling tajam dalam sejarah modern.

"Saya benar-benar yakin Yordania merasa bahwa AS tidak akan memberikan sanksi kepada mereka," Jim Jeffrey, mantan Utusan Khusus AS untuk Suriah di bawah Trump.

Ada desas-desus di antara media, di antara teman-teman di kawasan, bahwa AS tidak lagi secara agresif memberikan sanksi kepada Assad di bawah Caesar Act atau hal-hal lain.

Suasana tersebut tercermin pada Majelis Umum PBB bulan lalu, di mana para menteri luar negeri Mesir dan Suriah bertemu untuk pertama kalinya dalam satu dekade, dan pada pameran Expo 2020 Dubai, di mana para menteri ekonomi Suriah dan Emirat membahas kebangkitan dewan bisnis bilateral.

"Perbaikan hubungan juga dilakukan oleh UEA yang telah mengundang Suriah ke Expo 2020 meskipun ada upaya untuk "mengutuk rezim," kata duta besar Suriah untuk UEA, Ghassan Abbas.

Direktur Penelitian di Lembaga Penelitian Kebijakan Luar Negeri, Aaron Stein, mengatakan pemerintahan Biden tidak tertarik untuk mengeluarkan modal diplomatik untuk mencegah pemerintah daerah melakukan apa yang menurut mereka terbaik.

Kebijakan AS di Suriah sekarang difokuskan pada memerangi militan ISIS dan bantuan kemanusiaan.

Sementara banyak sekutu AS di kawasan itu kembali menjalin hubungan dengan Suriah, Arab Saudi masih tampak ragu-ragu.

“Upaya besar adalah untuk membawa Arab Saudi dan Suriah ke dalam semacam rekonsiliasi, dan saya pikir Saudi akan datang, mereka hanya menunggu AS,” kata Joshua Landis, spesialis Suriah di Universitas Oklahoma.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement