Thursday, 15 Rabiul Awwal 1443 / 21 October 2021

Thursday, 15 Rabiul Awwal 1443 / 21 October 2021

Pentingnya Manajemen Usaha dan Keuangan bagi Pelaku Usaha

Senin 11 Oct 2021 14:51 WIB

Red: Gita Amanda

Dosen prodi Manajemen dan Administrasi Bisnis Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan Pengabdian Masyarakat (PM) yang berlokasi di Gedung Sekolah Tinggi Agama Budha Siswa, Jalan Rawa Kucing Kecamatan Neglasari, Tangerang, Sabtu (2/10) lalu

Dosen prodi Manajemen dan Administrasi Bisnis Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan Pengabdian Masyarakat (PM) yang berlokasi di Gedung Sekolah Tinggi Agama Budha Siswa, Jalan Rawa Kucing Kecamatan Neglasari, Tangerang, Sabtu (2/10) lalu

Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Pelaku UMKM harus menyadari pentingnya seluruh aspek manajemen

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pelaku UMKM harus menyadari pentingnya seluruh aspek manajemen mulai dari proses produksi, pemasaran, sdm dan keuangan. Pada umumnya, pelaku usaha kecil melaksanakan seluruh aspek tersebut dikerjakan sendiri.

Melalui kesempatan ini, dosen prodi Manajemen dan Administrasi Bisnis Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan Pengabdian Masyarakat (PM) yang berlokasi di Gedung Sekolah Tinggi Agama Budha Siswa, Jalan Rawa Kucing Kecamatan Neglasari, Tangerang, Sabtu (2/10) lalu.

Pengabdian masyarakat yang berfokus pada pelatihan manajemen usaha dan keuangan umkm pada komunitas UMKM Pasa Lama, kecamatan Sukasari Tangerang ini, diketuai oleh Seno Sudarmono beserta anggotanya, Usran Masahere, Herayati, dan Martinus Wahyu Purnomo.

Seno menyampaikan, tujuan dari pelaksanaan PM sebagai kewajiban bagi dosen untuk mengembangkan ilmu kepada masyarakat sesuai bidang kompetensinya. “Untuk mengembangkan usahanya harus membagi tugas yang jelas dan melimpahkan fungsi-fungsi manajemen ke pihak lain. Sehingga pelaku usaha UMKM dapat memikirkan ke arah pengembangan usahanya,” tutur Seno, (2/10) lalu.

Dengan adanya pelatihan manajemen usaha dan keuangan, para pelaku bisnis UMKM Pasar Lama, Tangerang, semoga dapat diterapkan dalam usahanya sehingga akan semakin berkembang kedepannya.

Selanjutnya, PM ini dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang peran manajemen usaha dan keuangan bagi UMKM yang disampaikan oleh Usran Masahere. “Seorang pengusaha baik usaha mikro, kecil atau menengah adalah seorang Manajer. Tugas utama seorang manajer adalah bekerja dengan dan melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka untuk mencapai sasaran organisasi usaha,” ujar Usran, Sabtu (2/10) lalu.

Lanjutnya, dalam manajemen, ada beberapa fungsi manajemen dasar dan paling penting antara lain merencanakan, mengoraganisasi, memimpin, dan mengendalikan. “Manajemen suatu usaha yang hasilnya adalah bagaimana cash flow dapat tercapai surplus antara cash inflow dan outflow dapat tercapai,” pungkasnya.

Ia mengatakan, dengan pelaporan yang terdata dapat tercapai laba dimana cash inflow lebih besar dari cash outflownya dan diharapkan kedepannya UMKM dapat berkembang.

Sementara itu, Sukmana selaku koordinator UMKM Pasar Lama kecamatan Sukasari, Tangerang mengucapkan terima kasih kepada dosen Universitas BSI yang telah melaksanakan PM di wilayah binaannya.

“Sebab UMKM Pasar Lama kecamatan Sukasari, Tangerang termasuk yang aktivitasnya menurun akibat wabah pandemi Covid-19. Semoga setelah pelatihan ini kedepannya dapat dilakukan secara berkesinambungan,” tandas Sukmana.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA