Senin 11 Oct 2021 09:38 WIB

Kim Minta Pejabat Partai Tingkatkan Kesejahteraan Warga

Kim akui Korut menghadapi tugas besar untuk mengembangkan perekonomian.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Teguh Firmansyah
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un
Foto: VOA/AFP
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mendesak para pejabat untuk fokus pada peningkatan kehidupan warga dalam menghadapi situasi ekonomi yang semakin suram. Media pemerintah KCNA pada Senin (11/10) melaporkan, Kim melontarkan pernyataan tersebut pada hari ulang tahun Partai Buruh yang berkuasa.

Dalam pidatonya Kim mengatakan, negara menghadapi tugas besar untuk mengembangkan perekonomian. Selain itu, pemerintahan juga harus berupaya  mencapai tujuan ekonomi yang ditetapkan dalam pertemuan partai beberapa waktu lalu.

Baca Juga

“Satu-satunya cara untuk secara dinamis mendorong pekerjaan penting yang belum pernah terjadi sebelumnya meskipun situasinya suram adalah agar seluruh partai bersatu,” ujar Kim.

Kim mengatakan, pejabat seharusnya tidak menginginkan hak istimewa dan perlakuan istimewa. Kim juga menyerukan agar pejabat harus selalu mempertimbangkan apakah pekerjaan mereka melanggar kepentingan rakyat atau menimbulkan masalah bagi rakyat.

Kim menghadiri perayaan ulang tahun  Partai Buruh ke-76 pada Ahad (10/10).  Pertunjukan seni, gala, dan kembang api diadakan di Pyongyang, untuk memeriahkan perayaan ulang tahun partai.

Ekonomi Korea Utara telah terpukul oleh sanksi atas program nuklir dan persenjataan. Korea Utara terancam mengalami kekurangan pangan karena bencana alam yang merusak pertanian, dan penguncian perbatasan selama pandemi Covid-19.

Seorang penyelidik hak asasi manusia mengatakan, situasi kemanusiaan yang memburuk di Korea Utara dapat berubah menjadi krisis. Penyelidik tersebut juga mengatakan, rakyat Korea Utara berada di ambang bencana kelaparan.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement