Tuesday, 23 Syawwal 1443 / 24 May 2022

Redknapp Nilai Gol Mbappe ke Gawang Spanyol Offside

Senin 11 Oct 2021 08:12 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah

Penyerang Prancis Kylian Mbappe (kedua kiri) saat menjebol gawang Spanyol.

Penyerang Prancis Kylian Mbappe (kedua kiri) saat menjebol gawang Spanyol.

Foto: EPA-EFE/Marco Betorello
Kylian Mbappe dianggap tak offside karena Eric Garcia sempat menyentuh bola.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan pemain timnas Inggris yang sekarang menjadi pundit sepak bola, Jamie Redknapp, mengatakan aturan offside dalam sepak bola harus direvisi lagi. Ini disampaikan Redknapp setelah Kylian Mbappe mencetak gol penentu kemenangan Prancis atas Spanyol dengan skor 2-1 pada final UEFA Nations League di Stadion San Siro, Milan, Senin (11/10) dini hari WIB.

Spanyol memimpin ketika Mikel Oyarzabal memanfaatkan umpan panjang dari Sergio Busquets, menahan Dayot Upamecano dan melepaskan tembakan ke sudut bawah. Namun Paris merespons dengan cepat lewat Karim Mbappe yang melepaskan tembakan melengkung indah untuk menjadikan skor 1-1.

Baca Juga

Mbappe kemudian mencetak gol penentu kemenangan dalam situasi kontroversial 10 menit menjelang akhir pertandingan. Mbappe mengejar umpan terobosan dari Theo Hernandez. Ia dengan tenang melewati kiper Unai Simon dan menjebol gawang Spanyol.

Sejak awal Mbappe offside. Namun sentuhan bek Spanyol Eric Garcia terhadap bola yang minimalis membuat penyerang Paris Saint-Germain itu dinyatakan on side. Redknapp percaya aturan itu perlu dibatalkan. "Ini sangat sulit untuk dipahami karena dari sudut pandang Spanyol, Anda mencoba untuk menjaga garis pertahanan yang bagus," kata Redknapp dikutip dari Sky Sports.

"Mbappe memiliki kecepatan yang luar biasa tetapi dia salah mengatur waktu larinya. Ini sentuhan terkecil dari Garcia."

Redknapp menjelaskan, yang dikatakan dalam aturan adalah bahwa itu kemudian menjadi fase permainan baru. Namun menurut Redknapp seharusnya tidak begitu. "Ini interpretasi aturan yang sangat buruk. Saya tidak menyukainya dan rasanya tidak adil," katanya

Redknapp melihat itu sebagai sentuhan yang paling kecil. Di matanya, Garcia tidak mencoba memainkan bola kembali ke rekannya di bawah mistar. Menurut Redknapp, sebagai bek, ia pasti berusaha menjaga garis yang bagus dan terkadang harus menyentuh bola karena tak bisa memastikan apa yang ada di belakangnya. 

"Jika hakim garis mengibarkan benderanya, tidak akan ada (pemain Prancis) yang bertanya," klaim Redknapp.

"Kita meminta VAR untuk memberikan lebih banyak gol tetapi yang ini terasa sangat disayangkan bagi Spanyol dalam sudut pandang saya. Saya merasa kasihan kepada para ofisial." 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA