Senin 11 Oct 2021 06:59 WIB

Kota Medan Normalisasi Sungai Bedera Mulai Tahun Ini

Pemkot Medan meminta dana dari pusat untuk pembebasan lahan.

Normalisasi sungai (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Fransisco Carolio
Normalisasi sungai (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Pemerintah Kota Medan, Sumatra Utara, mengaku optimistis pekerjaan normalisasi Sungai Bedera akan berjalan mulai tahun ini. Mengembalikan kegagahan sungai itu penting untuk mengatasi persoalan banjir di daerah itu.

"Kemarin di pertemuan koordinasi Pak Wali Kota dan Pak Dirjen, telah disepakati dikerjakan tahun ini. Minimal Sungai Bedera dahulu dan Sungai Deli perbaikan pintu air dan kanal," ujar Kepala Bappeda Kota Medan, Benny Iskandar di Medan, Ahad (10/10).

Sebenarnya, terang dia, sungai tersebut merupakan kewenangan pusat melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) II. Dengan dana pancingan dari pemerintah daerah, maka pusat akan menggelontorkan dana. Pihak BWSS II, sebutnya, telah mengalokasikan anggaran Rp 45 miliar untuk pembangunan fisik, sementara dana itu tidak bisa digunakan bila lahan untuk menormalisasi sungai belum dibebaskan.

Wali Kota Medan Bobby Nasution dan rombongan telah berkoordinasi dengan Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Jarot Widyoko di Jakarta awal pekan ini. "Karena itu pak wali kota minta ke dirjen, kalau bisa alokasi anggaran Rp 45 miliar untuk pembangunan fisik itu ditambah lagi untuk pembebasan tanahnya," papar dia.

Menurut dia, Pemkot Medan tidak mampu mengeluarkan anggaran pembebasan tanah lebih dari Rp 45 miliar. Benny juga menambahkan, pembebasan lahan menormalisasi Sungai Bedera dilakukan panitia, khusus di Kota Medan tim berasal dari Pemkot Medan.

"Kalau untuk timnya kita semua, sama seperti pembebasan tanah pembangunan jalan-jalan nasional. Tetapi dananya dari kementerian," ucap Benny.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement