Friday, 28 Rabiul Akhir 1443 / 03 December 2021

Friday, 28 Rabiul Akhir 1443 / 03 December 2021

Bom Mobil Targetkan Konvoi di Selatan Yaman

Ahad 10 Oct 2021 21:12 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Agung Sasongko

Serangan bom di Kota Aden, Yaman.

Serangan bom di Kota Aden, Yaman.

Foto: EPA
Sebuah bom mobil yang menargetkan konvoi Gubernur Ahmed Lamlas

REPUBLIKA.CO.ID, ADEN -- Sebuah bom mobil yang menargetkan konvoi Gubernur Ahmed Lamlas mengguncang kota pelabuhan Aden di selatan Yaman pada Ahad (10/10). Menurut sumber keamanan dan militer, peristiwa ini menewaskan sedikitnya empat orang.

Kantor berita negara Yaman SABA melaporkan, Lamlas dan Menteri Pertanian Salem al-Suqatri yang merupakan anggota kelompok separatis selatan ini selamat dari usaha pembunuhan teroris.

Baca Juga

Juru bicara militer separatis Dewan Transisi Selatan (STC)  mengatakan, sedikitnya lima orang terluka termasuk tiga warga sipil, salah satunya anak-anak. Petugas pemadam kebakaran dan polisi dikerahkan ke lokasi.

Lamlas adalah sekretaris jenderal STC yang telah bersaing dengan pemerintah yang didukung Arab Saudi untuk menguasai Aden dan wilayah selatan Yaman yang lebih luas. STC juga telah melihat pertikaian di antara jajarannya.

Pemerintah dan STC adalah sekutu di bawah koalisi yang dipimpin oleh Arab Saudi yang telah memerangi gerakan Houthi yang bersekutu dengan Iran. Riyadh telah menengahi kesepakatan untuk mengakhiri perebutan kekuasaan, termasuk membentuk kabinet baru yang mencakup anggota STC, tetapi ketegangan telah membara.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA