Tuesday, 20 Rabiul Awwal 1443 / 26 October 2021

Tuesday, 20 Rabiul Awwal 1443 / 26 October 2021

Ini Pentingnya Miliki Asuransi Gigi

Ahad 10 Oct 2021 18:33 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Cermati

Cermati

Umumnya, asuransi gigi diperoleh sebagai manfaat tambahan dari asuransi kesehatan.

Asuransi sudah sepatutnya menjadi salah satu kebutuhan yang masuk ke dalam anggaran pokok keuangan setiap orang. Melalui asuransi, seseorang mampu mendapatkan jaminan perlindungan dari berbagai risiko buruk atau masalah yang mungkin terjadi padanya di masa depan. 

Pada asuransi kesehatan sendiri, terdapat berbagai macam perlindungan yang diberikan sesuai jenisnya. Salah satu contohnya asuransi untuk gigi yang mungkin masih kerap dianggap sepele oleh kebanyakan orang. Padahal, gigi merupakan salah satu bagian vital pada tubuh yang berkaitan dengan proses pencernaan. 

Saat gigi sudah mengalami masalah kesehatan, biaya perawatannya pun bisa sangat mahal dan menguras kantong. Itulah mengapa keberadaan asuransi untuk gigi ini tidak boleh dipandang sebelah mata dan perlu dipertimbangkan anggarannya pada rencana keuangan. Nah, buat kamu yang penasaran seperti apa cara kerja asuransi gigi, jenis proteksi yang diberikan, manfaat, dan tips memilihnya, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Pentingnya Miliki Asuransi Melahirkan, Ini Detail Jenis, Manfaat, dan Biayanya

Apa Itu Asuransi Gigi?

asuransi gigi

Asuransi untuk Gigi

Asuransi gigi adalah jenis produk asuransi yang memberikan pertanggungan pada biaya perawatan gigi, yang umumnya mencakup biaya perawatan dasar atau basic, kompleks, sampai pemasangan gigi palsu. Beberapa asuransi gigi juga memberikan cakupan perlindungan pada perawatan gigi tanggal, gigi berlubang, maupun implan. 

Dengan memiliki asuransi gigi terbaik, nasabah akan terbantu mengelola atau mengatasi biaya perawatan kesehatan gigi sehingga tetap mampu menjaga kesehatannya tanpa perlu kewalahan membayar biayanya. 

Umumnya, asuransi gigi diperoleh sebagai rider atau manfaat tambahan dari produk asuransi kesehatan. Artinya, kamu harus lebih dulu mengajukan asuransi kesehatan agar bisa mendapatkan proteksi dari produk ini. Walaupun, beberapa perusahaan asuransi mungkin masih menawarkan asuransi gigi sebagai produk yang berdiri sendiri. 

Kenapa Proteksi Asuransi Gigi Perlu Didapatkan?

Perlindungan amat penting untuk didapatkan karena tidak ada seorangpun yang tahu kapan masalah kesehatan gigi akan menyerang. Dengan biaya perawatan dan pengobatan yang mahal, apalagi kalau sampai operasi, proteksi dari produk asuransi ini sebaiknya dipersiapkan. 

Tidak hanya agar keuangan lebih terjaga dan tak kewalahan melunasi biaya perawatan, asuransi gigi juga bisa menjamin nasabahnya agar mendapatkan fasilitas dan proses pengobatan yang terbaik. Termasuk juga jaminan mendapatkan pemeriksaan atau pembersihan rutin pada gigi yang mampu mencegah terjadinya masalah kesehatan gigi yang lebih serius dan membahayakan. 

Kategori Produk Asuransi Gigi

Produk asuransi gigi terbaik di Indonesia biasanya dibagi ke dalam 2 kategori, yaitu:

  1. Asuransi Kesehatan + Gigi

    Kategori yang pertama adalah asuransi kesehatan dengan tambahan proteksi asuransi gigi. Dalam kategori ini, asuransi gigi merupakan manfaat tambahan atau rider yang cocok untuk dipilih saat sudah memiliki perlindungan dari asuransi kesehatan. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot lagi mencari produk asuransi baru karena bisa menjadi satu paket dengan asuransi kesehatan.

  2. Asuransi Gigi Stand Alone

    Pada kategori ini, produk asuransi gigi mandiri atau stand alone adalah polis yang diberikan tidak mewajibkan nasabahnya untuk memiliki asuransi kesehatan atau asuransi induk lainnya terlebih dahulu. Kategori ini pas dipilih bagi kamu yang sudah mempunyai proteksi asuransi kesehatan, tapi belum menanggung biaya perawatan gigi maupun ingin mendapatkan plafon lebih besar pada pertanggungan kesehatan gigi. 

Baca Juga: Jangan Tunggu Sakit, Ketahui Manfaat dan Cara Memilih Asuransi Gigi Terbaik

Jenis Produk Asuransi Gigi

Jenis asuransi gigi dibedakan berdasarkan manfaat atau proteksi utama yang diberikan, antara lain:

Jenis Produk

Penjelasan

Perawatan Dasar atau Basic Care

Jenis perawatan dasar atau basic care pada asuransi gigi ini mampu menanggung segala biaya perawatan dasar pada gigi. Contoh perlindungan yang dijamin oleh jenis produk asuransi gigi ini adalah penambalan pada gigi berlubang, perbaikan akar gigi, pencabutan gigi, hingga pembersihan karang gigi.

Perawatan Kompleks atau Major Care

Nasabah mampu mendapatkan perlindungan pada masalah gigi yang memerlukan perawatan khusus. Sebagai contoh, proteksi produk asuransi gigi jenis ini adalah operasi atau pembedahan gigi serta implantasi gigi. Umumnya, produk ini diberikan untuk nasabah yang mengalami musibah atau kecelakaan sehingga memerlukan tindakan khusus terhadap kerusakan parah yang terjadi pada giginya. 

Pemasangan Gigi Palsu

Jenis asuransi gigi ini termasuk pada pertanggungan asuransi. Meski begitu, manfaat ini hanya bisa diklaim saat memang direkomendasikan oleh dokter untuk memakai gigi palsu. Dalam kata lain, proses klaim manfaat asuransi gigi ini wajib melampirkan surat pengantar atau resep dokter agar perlindungannya bisa dikabulkan. 

Tips Memilih Produk Asuransi Gigi Terbaik dan Sesuai Kebutuhan

Setiap perusahaan yang menawarkan produk asuransi gigi pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Oleh karena itu, kamu perlu memahami hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih asuransi gigi. Berikut adalah beberapa tipsnya.

  • Cek Plafon serta Preminya

    Untuk bisa mendapatkan perlindungan dari asuransi gigi, rata-rata premi yang perlu dibayar adalah 80 ribu sampai 300 ribu Rupiah per bulan. Sebelum memilih produk mana yang bakal dipilih, sudah sepatutnya untuk menghitung dulu nominal preminya, apakah sesuai dengan pemberian plafonnya atau tidak. Sering kali, asuransi dengan premi murah malah menjebak karena mengharuskan nasabah menambahkan sejumlah biaya tertentu akibat memiliki plafon kecil. 

  • Cari Tahu Opsi Metode Klaim Proteksi

    Tak kalah pentingnya, mencari tahu pilihan atau opsi metode klaim pada asuransi gigi juga penting untuk dilakukan. Umumnya, terdapat 2 metode klaim pada asuransi gigi, yaitu reimbursement dan cashless. 

    Di antara keduanya, metode klaim jenis cashless lebih sering dipilih karena kamu hanya perlu menunjukkan kartu peserta saja agar bisa mendapatkan pengobatan atau perawatan gigi di rumah sakit mitra perusahaan asuransi. Berbeda dengan metode reimbursement yang mengharuskan nasabah untuk menalangi biaya perawatan terlebih dulu baru mengajukan ganti rugi pada pihak perusahaan asuransi. 

    Karena memberi beban pada keuangan, model klaim reimbursement jarang dipilih. Belum lagi keharusan untuk mengurus proses administrasi yang sering kali memakan banyak waktu. Namun, nilai lebihnya, jenis klaim reimbursement bisa dilakukan pada rumah sakit yang bukan rekanan atau mitra perusahaan asuransi serta memiliki nominal premi yang lebih terjangkau.

  • Pastikan Memiliki Kebijakan terkait Renewal Guarantee

    Banyak yang belum tahu, kebijakan renewal guarantee ini adalah komitmen dari perusahaan asuransi dalam memperpanjang polis nasabahnya, bagaimanapun kondisi dari pihak yang bersangkutan. Dalam kata lain, adanya kebijakan ini mampu memberikan ketenangan pada pemilik polis karena perlindungan terhadap biaya kesehatan gigi tetap ditanggung oleh perusahaan meskipun telah mendekati tenggat waktu atau masa kontrak perlindungannya.

Jangan Tunggu Sampai Terlambat Persiapkan Asuransi Gigi

asuransi kesehatan gigi

Lindungi Gigi dengan Asuransi Kesehatan Gigi

Walaupun memiliki peran yang krusial, gigi menjadi salah satu bagian tubuh yang sering disepelekan kesehatan dan perawatannya oleh sebagian orang. Padahal, kalau sudah terkena masalah, biaya perawatan gigi bisa sangat mahal hingga mampu mengacaukan kondisi keuangan. Oleh karena itu, jangan tunggu sampai terlambat dan persiapkan proteksi asuransi kesehatan gigi dengan segera. 

Baca Juga: Pahami Sistem Klaim Asuransi Kesehatan Berikut untuk Memudahkan Klaim Asuransi

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA