Friday, 28 Rabiul Akhir 1443 / 03 December 2021

Friday, 28 Rabiul Akhir 1443 / 03 December 2021

Pemkot Banjarmasin Buat Gerakan tak Ada Hari Tanpa Vaksinasi

Ahad 10 Oct 2021 17:56 WIB

Red: Bilal Ramadhan

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor saat melakukan peninjauan vaksinasi massal di SMAN 2 Banjarmasin,  Senin (4/10).

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor saat melakukan peninjauan vaksinasi massal di SMAN 2 Banjarmasin, Senin (4/10).

Foto: Pemprov Kalsel
Gerakan tiada hari tanpa vaksinasi berhasil meningkatkan pencapaian target sasaran.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan mengklaim capaian vaksinasi Covid-19 saat ini sudah di atas 5.000 per hari. Kota Banjarmasin buat gerakan tiada hari tanpa vaksinasi sejak pekan lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Machli Riyadi di Banjarmasin, Ahad, menyampaikan, gerakan tiada hari tanpa vaksinasi cukup berhasil meningkatkan pencapaian target sasaran, yakni, di atas 5 ribu orang per hari divaksin.

Menurut dia, dari laporan pencapaian vaksinasi harian di kota ini, vaksinasi dosis pertama dan dosis kedua di seluruh tempat pelayanan kesehatan di kota ini dari 6 Oktober hingga 9 Oktober 2021, rata-rata per harinya total yang divaksin di atas 5 ribu orang.

Disampaikan Machli Riyadi, pada 6 Oktober sebanyak 8.328 orang ikuti vaksin, pada 7 Oktober sebanyak 6.834 orang, pada 8 Oktober sebanyak 5.834 orang dan pada 9 Oktober sebanyak 6.890 orang.

"Selama empat hari itu capaian total vaksinasi sebanyak 27.886 orang, ini capaian yang cukup tinggi," ujar Machli Riyadi.

Menurut dia, untuk hari ini atau hari libur di mana gelar pelayanan vaksinasi Covid-19 di posko kesehatan di Kantor Dinkes Kota Banjarmasin di Jalan Pramuka, Banjarmasin Timur, tergetnya 1.000 orang divaksinasi.

Dia pun menyampaikan, bahwa pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kota Banjarmasin terus digencarkan hingga targetnya bisa mencapai 80 persen atau menuju Banjarmasin herd immunity pada 12 November 2021 atau pada peringatan Hari Kesehatan 2021.

"Yang kita harapkan agar kegiatan ini bisa lancar dan dapat diwujudkan hingga target tadi, ketersediaan vaksin bagi Kota Banjarmasin tercukupi," ujarnya.

Sebab, tutur Machli Riyadi, jika dilihat stok vaksin saat ini, hanya bertahan sekitar tiga hari dengan capaian vaksinasi di atas 5 ribu orang per harinya. Menurut dia, capaian ini karena sebanyak 26 puskesmas di kota ini ditarget 200 dosis vaksin per harinya.

"Belum lagi kegiatan vaksinasi massal yang dibantu TNI-Polri, beberapa lembaga lainnya seperti dari partai politik dan lainnya," ujar Machli Riyadi.

Sebagaimana disampaikan dia sebelumnya, sasaran vaksinasi Covid-19 di Kota Banjarmasin ini sebanyak 515 ribu. Hingga kini Dinkes Banjarmasin mengklaim 50 lebih target sasaran yang sudah divaksin untuk dosis pertama.

Kota Banjarmasin masih ditetapkan pemerintah pusat menjalani Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 dari 5 Oktober hingga 18 Oktober 2021.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA