Ahad 10 Oct 2021 17:31 WIB

Oppenheimer, Judul Film Terbaru Christopher Nolan

Film perang terakhir Nolan, Dunkirk meraup pendapatan Rp 7,5 triliun.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Sutradara Christopher Nolan mengaku sangat menyukai film Fast and Furious.
Foto: EPA
Sutradara Christopher Nolan mengaku sangat menyukai film Fast and Furious.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Setelah merilis film Tenet pada tahun lalu, Christopher Nolan tidak membuang banyak waktu untuk menyusun proyek film berikutnya. Pada bulan lalu, terungkap bahwa dia sedang mengerjakan film bertema Perang Dunia II tentang tokoh J Robert Oppenheimer, pria yang bertanggung jawab menciptakan bom atom.

Film ini akan diberi judul Oppenheimer. Karya ini terkenal bukan hanya karena menjadi film Nolan berikutnya, tetapi juga untuk menandai berakhirnya kemitraan antara Nolan dengan Warner Bros. Hal itu karena ada perselisihan tentang rilis Tenet dan ketidaksenangannya atas keputusan HBO Max-WB.

Setelah menjalankan film barunya, Nolan menyetujui kesepakatan dengan Universal. Daftar kesepakatannya mencakup rilis eksklusif di bioskop setidaknya 100 hari, anggaran produksi 100 juta dolar AS (Rp 1,4 triliun), anggaran pemasaran 100 juta dolar AS, dan kontrol kreatif penuh.

Kabar terbarunya lagi, menurut Deadline, film Oppenheimer akan dirilis pada 21 Juli 2023. Kolaborator Nolan, Cillian Murphy, telah menandatangani kontrak untuk memerankan J Robert Oppenheimer. Produksi Oppenheimer akan dimulai awal tahun depan.

Tanggal rilis Oppenheimer Juli menggambarkan betapa yakinnya Universal dalam prospek film tersebut. Di atas kertas, sebuah film biografi seperti Oppenheimer tampaknya tidak terlalu menarik seperti fiksi ilmiah atau adaptasi buku komik. Tapi Nolan adalah salah satu dari sedikit sutradara yang namanya sangat menonjol. 

Film perang terakhirnya, Dunkirk (2017) dirilis pada Juli dan meraup lebih dari 527 juta dolar AS (Rp 7,5 triliun) di seluruh dunia. Universal jelas mengharapkan hasil yang sama dengan Oppenheimer.

Murphy pun juga sudah muncul di lima film Nolan sebelumnya, tetapi Oppenheimer akan menandai pertama kalinya dia menjadi peran utama. Selama kariernya, Nolan terbukti menjadi sutradra serbabisa dan ini sepertinya akan menjadi bagian penting baginya dalam penjelajahan karakter (dan mungkin bisa memberinya nominasi Oscar).

Nolan memiliki orang-orang favorit untuk diajak bekerja sama. Jadi akan menarik melihat apakah ada wajah lain yang sudah dikenal di film-film Nolan sebelumnya yang ikut bermain di Oppenheimer, seperti Michael Caine atau Tom Hardy. Syuting dijadwalkan akan dimulai dalam waktu dekat, dan akan ada lebih banyak selsksi pemain selama beberapa bulan ke depan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement