Thursday, 15 Rabiul Awwal 1443 / 21 October 2021

Thursday, 15 Rabiul Awwal 1443 / 21 October 2021

Tumbuhkan Ide, Ciptakan Peluang Menjadi Wirausaha

Ahad 10 Oct 2021 14:11 WIB

Red: Hiru Muhammad

Berkembangnya internet dan penetrasi e-commerce di daerah, membuat kontribusi sektor ini terus meningkat terhadap perekonomian Nusantara. Banyak faktor yang menyebabkan  berkembangnya marketpalce di Indonesia seperti salah satunya  pasar yang berorientasi mobile.

Berkembangnya internet dan penetrasi e-commerce di daerah, membuat kontribusi sektor ini terus meningkat terhadap perekonomian Nusantara. Banyak faktor yang menyebabkan berkembangnya marketpalce di Indonesia seperti salah satunya pasar yang berorientasi mobile.

Foto: istimewa
Pelatihan ini bertujuan untuk memotivasi sekaligus memperkenalkan fungsi marketplace

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR--Berkembangnya internet dan penetrasi e-commerce di daerah, membuat kontribusi sektor ini terus meningkat terhadap perekonomian Nusantara. Banyak faktor yang menyebabkan  berkembangnya marketpalce di Indonesia seperti salah satunya  pasar yang berorientasi mobile.

Mengikuti perkembangan tersebut, dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat yang bertemakan ‘Pengenalan Marketplace E-Commerce untuk Meningkatkan Jiwa Kewirausaha Pada Karang Taruna Desa Kota Batu Bogor’, pada Sabtu (11/9) lalu. 

Kegiatan pengabdian ini diketua  Rani serta dibantu dengan beberapa tim dosen dan mahasiswa. Rani mengaku pemilihan tema ini didasarkan pada kendala yang dihadapi secara umum oleh calon pelaku usaha ataupun yang sudah menjalankan bisnis secara offline terkait pemahaman mengenai marketplace. Tidak hanya itu saja, kebutuhan dari mitra akan keuntungan yang didapatkan dari penggunaan marketplace juga, membuat masyarakat tertarik mengikuti kegiatan ini. “Berdasarkan manfaat keberadaan marketpalce yang dirasakan oleh masyarakat cukup besar serta penggunaanya yang fleksibel membuat warga tertarik untuk mengikuti pelatihan ini,” ungkap Rani dalam keterangan tertulisnya Ahad (10/10).

Rani menambahkan, kegiatan pelatihan ini berupa pengenalan marketplace dengan mengambil contoh berjualan pada platform Shopee. Sasarannya adalah kaum muda yang merupakan sumber daya potensial karena penuh dengan ide kreatif dan imajiner, sebuah modal penting dalam memulai bisnis berbasis wirausaha. Ia juga menambahkan dengan diberikan pelatihan secara online kepada kelompok karang taruna Desa Kota Batu Bogor, juga sebagai salah satu upaya dari para dosen Universitas BSI, untuk membantu warga dalam menjalankan usaha di marketplace.

“Pelatihan ini pada dasarnya bertujuan untuk memotivasi sekaligus memperkenalkan fungsi penting marketplace sebagai media baru dalam memasarkan produk secara lebih efisien, fleksibel dan hemat biaya iklan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berlangsung lancar, peserta sangat aktif bertanya tentang bagaimana memulai suatu usaha pada suatu marketplace,” kata Rani. 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA