Menpora Kunjungi Pasar Tradisional Mama-Mama Papua

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (tengah)
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (tengah)
Foto: Antara/Aditya Pradana Putra

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengunjungi pasar tradisional mama-mama Papua di Jayapura. Menpora ikut lelang untuk membeli kopi asli Bumi Cenderawasih.

Kehadiran Menpora di pasar tradisional tersebut salah satunya untuk melihat sejauh mana dampak penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX terhadap kegiatan ekonomi rakyat. "Dengan adanya acara seperti ini, saya kira hal ini menunjukkan penyelenggaraan PON ini benar-benar membawa dampak ekonomi terhadap Jayapura dan Papua pada umum," kata Menpora, seperti dikutip dari laman resmi Kemenpora, Ahad.

Dalam kunjungan tersebut, Menpora didampingi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Papua, Naek Tigor Sinaga; Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi UKM, dan Tenaga Kerja (Perindagkop) Provinsi Papua, Omah Laduani Ladamay; dan Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Chandra Bhakti.

Di pasar mama-mama tersebut, terpajang beberapa produk-produk asli Papua yang dikemas secara modern. Produk-produk tersebut dilelang di hadapan Menpora dan pejabat Pemda Papua tersebut.

Kopi Arabica dan kopi Tiom asli buatan anak Papua berhasil dibeli Menpora Amali dalam lelang tersebut seharga 1.6 juta rupiah. "Hal ini seperti apa yang sudah kita canangkan bahwa PON harus sukses prestasi, sukses penyelenggaraan, sukses administrasi dan sukses ekonomi masyarakat. Dan, hari ini kita sudah bisa lihat hasilnya. Dan, ini bukti nyata," tambahnya.

Sementara itu, para pedagang di pasar mengaku senang dengan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua karena bisa meningkatkan penjualan mereka. "Berkat adanya PON Papua ini penjualan meningkatkan dua kali lipat," kata salah satu pedagang, Hasme di Pasar Hamadi, Jayapura.

Komentar

Terkait


Pelari Nusa Tenggara Barat Lalu Mohammad Zohri menggigit medali usai menjuarai nomor lari 100 meter putra PON Papua di Stadion Atletik Mimika Sport Center, Kabupaten Mimika, Papua, Rabu (6/10/2021). Zohri meraih medali emas, sementara pelari Nusa Tenggara Barat lainnya Sudirman Hadi meraih medali perak dan pelari Kalimantan Tengah Eko Rimbawan meraih medali perunggu.

Hari Ini, Lalu Zohri Turun di Nomor 200 Meter

Menpora Zainudin Amali.

Menpora Tutup Festival PON Kopi Papua

Triadi Fauzi

Triadi tak Terbendung di 50 Meter Gaya Bebas

Triyaningsih.

Triyaningsih Syukuri Tiga Medali meski Bukan Emas

Atlet renang putri Jawa Timur Nurul Fajar Fitriyati (kiri) mendapat ucapan selamat dari atlet renang Riau Azzahra Permatahani (kanan) seusai bertanding pada babak final Renang 200 meter Gaya Punggung Putri PON Papua di Stadion Akuatik, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (9/10/2021). Nurul Fajar Fitriyati berhasil meraih medali emas dengan catatan waktu 2:19.78 detik.

Azzahra Tebus Kegagalan dengan Emas 400 m Gaya Ganti Putri

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Ikuti

× Image