Sunday, 18 Rabiul Awwal 1443 / 24 October 2021

Sunday, 18 Rabiul Awwal 1443 / 24 October 2021

Ronaldo Boyong Bilik Cryotherapy ke Inggris, Apa Gunanya?

Ahad 10 Oct 2021 03:15 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda

Pemain Manchester United Cristiano Ronaldo biasa menggunakan bilik cryotherapy untuk memulihkan tubuhnya usai pertandingan.

Pemain Manchester United Cristiano Ronaldo biasa menggunakan bilik cryotherapy untuk memulihkan tubuhnya usai pertandingan.

Foto: AP/Jon Super
Christiano Ronaldo mengirim bilik cryotherapy-nya dari Turin, Italia ke Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Megabintang sepakbola Cristiano Ronaldo memiliki bilik es cryotherapy yang biasa digunakannya untuk merawat kebugaran fisiknya. Bilik tersebut akan dikirim dari Turin, Italia ke rumah sewaannya di Inggris.

Bilik es krioterapi tersebut diketahui bernilai 50.000 poundsterling atau sekitar Rp 970 miliar. Rutinitas mandi es Ronaldo dengan suhu bilik yang bisa mencapai minus 200 derajat Celcius tersebut bertujuan untuk menjaga stamina tubuhnya agar tetap prima.

Baca Juga

Dilansir The Sun, Sabtu (09/10), bilik ini menerapkan suhu rendah yang dapat membantu merawat dan merehabilitasi jaringan tubuh. Untuk perawatan seluruh tubuh, bintang Portugal itu juga harus memakai sarung tangan sebelum naik ke kapsul seukuran tubuh tersebut.

Bilik tersebut bekerja dengan nitrogen cair yang dipompa ke udara di sekitar silinder untuk mendinginkan tubuh. Pengguna dapat menghabiskan waktu maksimal lima menit di dalam chamber. Kalau lebih lama dari itu bisa menimbulkan risiko serius bagi kesehatan. 

Krioterapi dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Fungsinya juga dianggap mengurangi kelelahan dan membantu cedera sembuh lebih cepat.

Ronaldo yang dikenal peduli akan kebugaran itu pertama kali mulai menggunakan bilik krioterapi pada 2013. Saat itu, ia tengah membela klub raksasa Spanyol, Real Madrid.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA