Sunday, 18 Rabiul Awwal 1443 / 24 October 2021

Sunday, 18 Rabiul Awwal 1443 / 24 October 2021

Jaga Kondisi Tubuh, Ronaldo Datangkan Alat Krioterapi

Sabtu 09 Oct 2021 23:35 WIB

Rep: Rahmat Fajar / Red: Israr Itah

Pemain Manchester United Cristiano Ronaldo.

Pemain Manchester United Cristiano Ronaldo.

Foto: AP/Dave Thompson
Krioterapi digunakan untuk membantu merehabilitasi dan merawat jaringan pada manusia.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Penyerang Manchester United (MU) Cristiano Ronaldo mendapatkan kiriman ruang es krioterapi senilai 50 ribu poundsterling atau lebih Rp 970 juta. Barang tersebut didatangkan dari rumah lamanya di Turin dan dipindah ke ruma sewaannya di Manchester, menurut laporan The Sun, dilansir dari Daily Mail, Sabtu (9/10).

Alat tersebut digunakan untuk membantu merehabilitasi dan merawat jaringan pada manusia. Suhu ruang tersebut dapat mencapai serendah -200C. Nitrogen cair dipomba ke udara yang mengelilingi silinder untuk mendinginkan tubuh. Namun atlet hanya dapat menghabiskan waktu maksimal lima menit di ruangan tersebut atau berisiko mengalami masalah kesehatan yang serius.

Baca Juga

Ronaldo biasanya hanya menghabiskan waktu tiga menit di dalam ruangan bersuhu -160 C. Perawatan ini dipahami untuk meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mengurangi kelelahan serta membantu menyembuhkan luka lebih cepat.

Pemain internasional Portugal tersebut mulai menggunakan peralatan tersebut sejak 2013 ketika berseragam Real Madrid. Ia membawa peralatan tersebut ke Manchester untuk menunjung performanya tampil baik di Liga Inggris.

Ronaldo pemain yang selalu menjaga kebugaran tubuhnya secara ketat. Itu ia lakukan agar performanya di lapangan tetap kuat meskipun usianya sudah 36 tahun. Usaha dia tersebut pun terbukti dengan kontribusinya di lapangan bersama MU.

Tiga gol dalam pertandingan papan atas membuatnya dinobatkan sebagai pemain terbaik Liga Inggris bulan September. Catatan luar biasa dalam karier keduanya di Old Trafford. Ronaldo tak menunjukkan tanda-tanda penurunan.

Menjaga kondisi di luar lapangan adalah kunci Ronaldo tetap tampil prima. Selain krioterapi yang dimilikinya, ia juga menjalankan diet. Layaknya sebuah mobil, Ronaldo membutuhkan makanan yang tepat.

Ia membutuhkan enam makanan kecil berprotein tinggi, bijian-bijian, makan rendah lemak dalam sehari. Semua itu direkomendasikan oleh ahli gizi pribadi yang telah bersamanya sejak di Real Madid.

“Makan secara teratur. Sangat penting untuk menjaga tingkat energi tetap tinggi,” kata Ronaldo.

Ronaldo menyukai keju, ham dan youghut rendah lemak untuk sarapan. Ia menyukai ikan, memakan banyak buah-buahan dan sayuran  segar. Ronaldo tak meminum alkohol. Ia hanya meminum air putih sekaligus menghindari minuman manis atau makanan ringan.

Ia juga menjaga waktu tidur secara teratur dan cukup dengan seprei yang segar. Hal tersebut dapat membantuk Ronaldo tetap segar ketika bangun tidur. Ia juga berenang secara teratur dan pergi ke gym setiap pekan. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA