Sabtu 09 Oct 2021 20:03 WIB

Kesthuri: Lampu Hijau Umroh Bangkitkan Semangat Jamaah

Kabar soal umroh membangkitkan kembali harapan dan semangat jamaah Indonesia

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Jamaah umroh bertawaf di sekitar Ka
Foto: Al Arabiya
Jamaah umroh bertawaf di sekitar Ka

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Kesatuan Tour Travel Haji Umroh Republik Indonesia (Kesthuri) Artha Hanif menyambut baik informasi terbaru bahwa Arab Saudi akan menyambut umroh bagi jamaah Indonesia. Dia mengatakan informasi tersebut membangkitkan kembali harapan dan semangat jamaah Indonesia untuk bersiap menyambut ibadah umroh yang sempat tertunda karena Covid-19.

"Kita tidak tahu apakah dalam satu bulan ini atau kapan tepatnya, mudah-mudahan segala sesuatunya termasuk bagaimana Saudi bersiap menerima kita dalam kondisi sekarang sangat baik," kata Artha saat dikonfirmasi, Sabtu (9/10).

Meski adanya lampu hijau bagi jamaah Indonesia, Artha menyebut tetap dibutuhkan upaya dari kementerian, lembaga, dan asosiasi terkait untuk menyiapkan secara rinci detail persiapan umroh. Segala upaya harus dilakukan sebagai satu pegangan pedoman bersama bagi calon jamaah nanti yang akan berangkat.

Ini dilakukan supaya jamaah bisa memuaskan dahaga spiritualnya selama di Saudi dan kembali ke Indonesia dalam keadaan sehat. "Semua upaya harus dilakukan bersama. Tidak ada yang merasa lebih hebat atau penting. Semua harus mengambil pelajaran dan hikmah atas tertundanya keberangkatan umroh dengan kondisi pandemi sekarang," ujar dia.

Artha berharap semoga dibukanya umroh dalam waktu dekat ini bisa menjadi momen terbaik dan merupakan satu kesempatan untuk bersama-sama mengantarkan jamaah Indonesia secara keseluruhan dan kembali dalam keadaan sehat.

Sebelumnya Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi menyebut telah mendapatkan informasi dari Kerajaan Arab Saudi perihal pembukaan ibadah umroh bagi jamaah Indonesia. Kebijakan ini akan segera diputuskan karena melihat situasi perkembangan Covid-19 di Indonesia yang semakin membaik.

“Kedutaan telah menerima informasi dari pihak berkompeten dari kerajaan Saudi Arabia perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umroh bagi jamaah umroh Indonesia,” jelasnya di rilis video yang ditayangkan di saluran YouTube resmi Kemenlu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement