Warga Nonton PON Papua Sambil Sekaligus Vaksin Covid-19

Tenaga kesehatan menyuntikan vaksin kepada warga ditengah pelaksaan PON Papua di halaman Stadion Akuatik, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (28/9/2021). Vaksinasi yang di gelar di empat klaster PON Papua merupakan langkah percepatan vaksinasi COVID-19 bagi warga atau pengunjung selama perhelatan PON di Papua.
Tenaga kesehatan menyuntikan vaksin kepada warga ditengah pelaksaan PON Papua di halaman Stadion Akuatik, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (28/9/2021). Vaksinasi yang di gelar di empat klaster PON Papua merupakan langkah percepatan vaksinasi COVID-19 bagi warga atau pengunjung selama perhelatan PON di Papua.
Foto: ANTARA/M Agung Rajasa

REPUBLIKA.CO.ID, PAPUA -- Sejumlah penonton laga terakhir angkat besi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua memanfaatkan pelayanan vaksinasi Covid-19 untuk memperoleh suntikan dosis kedua. Lokasinya di Auditorium Universitas Cenderawasih, Kabupaten Jayapura, Sabtu.

"Saya bersyukur sekali, ternyata ada pelayanan vaksinasi di sini. Kebetulan juga saya sedang cari-cari tempat vaksin untuk dosis kedua," kata seorang penonton, Irwandi Yogo Suaka (43) di Jayapura.

Pria yang juga dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Uncen itu memanfaatkan pelayanan vaksinasi dengan menghampiri meja pendaftaran di depan pintu utama Auditorium Uncen. Persyaratan yang wajib diperlihatkan kepada petugas adalah bukti tangkapan layar dari sertifikat vaksin dosis pertama.

Yogo menerima vaksin produksi Sinopharm sesuai dengan dosis pertama pada 11 September 2021. "Awalnya agak bingung juga mau nonton lifter Aceh Nurul Akmal, sebab saya baru disuntik dosis pertama. Tapi, ada petugas yang memberitahu bahwa ada pelayanan vaksin di pintu depan," katanya.

Penonton lainnya, Deshika Indah Sari (21), menjalani vaksinasi dosis pertama. "Saya untuk keperluan perjalanan ke luar kota, ada saudara yang mau menikah. Sambil nonton, mau vaksin juga, biar sekalian," katanya.

Awalnya Warga Organda, Kota Jayapura itu sempat tidak yakin dengan khasiat vaksin. Namun, karena sebagian keluarga telah divaksin dan tidak terjadi efek samping, ia pun turut divaksin.

Petugas pelayanan vaksinasi Auditorium Uncen Pengatur Tingkat 1 Bidokes Polda Papua, Junianti, mengatakan pelayanan vaksinasi sudah dibuka sejak Rabu (6/10). Rata-rata per hari bisa menyuntikkan delapan hingga 15 penonton.

"Di sini tidak hanya vaksin dosis pertama, tapi juga boleh untuk dosis kedua. Selama ada bukti sertifikatnya," katanya.

Junianti menyediakan tiga meja pelayanan. Dua meja penyuntikan vaksin Covid-19 dan satu meja pelayanan antigen. "Syarat menonton di venue kan memang sudah divaksin. Itu kita pantau saat proses penukaran tiket ke gelang di meja registrasi penonton," katanya.

Komentar

Terkait


Pembalap motor cross Jawa Tengah Risky Hanif (kanan) dan Edi Ariyanto (kiri) memacu kecepatan motornya saat berlomba pada balapan Motor Cross kelas 250 cc Beregu PON Papua di Arena Balap Motor Tanah Miring, Kabupaten Merauke, Papua, Sabtu (9/10/2021). Tim balap motor cross Papua berhasil meraih medali medali emas dan tim balap motor cross DKI Jakarta meraih medali perak sedangkan tim balap motor cross Papua Barat meraih medali perunggu.

Papua Raih Medali Emas Motor Cross Kelas 250 CC Beregu

Ilustrasi. Final pertandingan biliar pada PON XX Papua.

Segelas Cendol usai Meraih Emas Biliar

Pemain Voli Putri Jawa Tengah, Shindy Sasgia Dwi Yuniar Liswanti (11) melakukan smash saat babak penyisihan Voli Beregu Putri di GOR Voli Indoor Koya Koso, Jayapura, Papua, Selasa (05/10).

Shindy Sasgia, Model Cantik Atlet Voli Jateng

Pasangan atlet shorinji kempo Kalimantan Timur Muhammad Cesar Ramdan (kiri) dan Roro Ajeng Kurti Darmawestri (kanan) memperagakan aksi bela diri pada final shorinji kempo embu berpasangan campuran Kyukenshi PON Papua di GOR STT Gidi, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (9/10/2021). Pasangan atlet shorinji kempo Kalimantan Timur Muhammad Cesar Ramdan dan Roro Ajeng Kurti Darmawestri berhasil meraih medali emas disusul pasangan atlet Nusa Tenggara Timur Randaka M Putra Minfini dan Dewinda V Pinis meraih medali perak dan pasangan atlet DKI Jakarta Ahmad Idris dan Bunga Chintya Prameswari mendapat medali perunggu.

Final Shorinji Kempo Pasangan Campuran Kyukenshi

logo PON XX Papua

Kalahkan Juara Asian Games, Hendra Bikin Pelatih Kaget

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Ikuti

× Image