Sabtu 09 Oct 2021 23:53 WIB

Koalisi Muslimah Kanada Peringati Bulan Sejarah Islam

Bulan warisan Islam adalah saat warga Kanada bisa menjadi Muslim tanpa penyesalan

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Esthi Maharani
Masjid Al Rashid Kanada.
Foto: muslimcanada.org
Masjid Al Rashid Kanada.

IHRAM.CO.ID, TORONTO -- Koalisi Wanita Muslim (the Coalition of Muslim Women/CMW) di Kanada menyelenggarakan acara dalam rangka memperingati Bulan Warisan Sejarah Islam. Sepanjang Oktober ini, CBC melaporkan ada sejumlah acara yang digelar CMW bersama partner dari beberapa organisasi wilayah dalam perayaan acara tahunan tersebut.

"Bulan warisan Islam adalah saat kita bisa menjadi Muslim tanpa penyesalan dan Kanada tanpa penyesalan," kata Mifrah Abid, yang bersama koalisi tersebut dan juga koordinator Together Against Islamophobia, dilansir di laman About Islam, Sabtu (9/10).

"Kebanyakan orang menganggap ini sebagai dua identitas yang terpisah, tetapi saya katakan mereka tidak eksklusif satu sama lain. Jadi ini waktu yang tepat untuk menjadi diri Anda sendiri," lanjut Abid.

CMW akan menyelenggarakan beberapa acara virtual dan tatap muka yang mencakup pembicara tamu, acara makan siang dan belajar, serta waktu cerita keluarga, yang membahas kisah dan karakter Muslim. Acara tersebut diselenggarakan bermitra dengan  Kitchener Public Library (KPL) dan Waterloo Public Library (WPL).

 

"Representasi penting dalam segala hal. Anak-anak kecil perlu melihat diri mereka sendiri dalam kerajinan yang mereka lakukan dan dalam budaya yang mereka tinggali, dan itu bukan hanya untuk anak-anak Muslim. Penting untuk rekan-rekan mereka juga melihat mereka dan memahami mereka. Bahwa mereka adalah bagian dari perayaan mereka," ujar Abid.

Setiap tahunnya, Kanada merayakan Bulan Sejarah Islam di sepanjang Oktober. Fokus acara tahun ini adalah berbagi dan penyembuhan dari rasisme anti-pribumi dan Islamofobia.

Acara tahunan ini menyediakan waktu untuk fokus merayakan dan mendidik komunitas Muslim dan non-Muslim tentang kekayaan sejarah, warisan dan budaya Muslim Kanada dan Muslim di seluruh dunia. Abid berharap acara ini bisa mendekatkan masyarakat.

"Selama Bulan Warisan Islam, saya berharap orang-orang akan meluangkan waktu untuk mengenal tetangga Muslim mereka, untuk mengetahui siapa kita," katanya.

"Tidak ada banyak perbedaan. Kami adalah orang yang sama di bawahnya. Saya berharap itu akan ada pelajaran menarik dari Bulan Sejarah Islam bagi kebanyakan orang," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement