Sabtu 09 Oct 2021 10:59 WIB

Ini Alasan Laporta Pertahankan Koeman di Barca

Memecat Koeman saat ini dinilai bukan solusi.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Friska Yolandha
 Pelatih kepala Barcelona Ronald Koeman memberi isyarat pada pertandingan sepak bola Grup E Liga Champions antara Benfica dan Barcelona di stadion Luz di Lisbon, Portugal, Rabu,Kamis (30/9) dini hari WIB.
Foto: AP/Armando Franca
Pelatih kepala Barcelona Ronald Koeman memberi isyarat pada pertandingan sepak bola Grup E Liga Champions antara Benfica dan Barcelona di stadion Luz di Lisbon, Portugal, Rabu,Kamis (30/9) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Presiden Barcelona, Joan Laporta menunjukkan dukungan nyata terhadap Ronald Koeman. Sebelumnya Koeman sempat dalam bahaya.

Ia terus dirumorkan bakal didepak Barca. Itu karena Sergio Busquets dan rekan-rekan mengalami hasil buruk di beberapa pertandingan. Teranyar, Blaugrana takluk di markas Atletico Madrid pada lanjutan La Liga Spanyol musim 2021/22.

Baca Juga

Laporta mengakui, mereka merasakan kekecewaan. Namun dengan memecat Koeman saat ini, bukan solusi terbaik. Ia mencoba melihat dari sisi yang berbeda.

"Dia akan bertahan. Dia pantas mendapatkan sedikit dukungan. Dia adalah penggemar Barcelona seperti kami semua. Dia mencintai Barca. Dia memutuskan untuk datang, pada saat klub mengalami situasi sulit," kata tokoh berusia 59 tahun ini, dikutip dari Marca, Sabtu (9/10).

Mereka telah berbicara dari hati ke hati. Laporta menanyakan pandangan Koeman tentang kualitas tim. Sang arsitek mengaku membutuhkan semua orang yang cedera, agar segera pulih.

Philippe Coutinho sudah mulai berlaga. Ansu fati juga demikian. Hanya tersisa Sergio Aguero dan Ousmane Dembele yang terus berproses meningkatkan kebugaran.

"Kami berharap Dembele dapat bermain ketika melawan Valencia, Dynamo Kiev atau Real Madrid," ujar Laporta.

Barcelona dalam situasi sulit. Blaugrana nampak terseok-seok di panggung benua biru. Raksasa Katalan selalu kalah dalam dua laga perdana Liga Champions. 

Untungnya di ranah domestik, Coutinho dkk masih sedikit bertaji. Dengan memiliki satu laga tunda yang belum dimainkan, Barca berada di papan tengah. Tepatnya di urutan kesembilan. 

Pasukan Koeman mengoleksi 12 poin dari tujuh pertandingan. Blaugrana tertinggal lima angka dari Real Madrid di singgasana. Kini beberapa pemain sedang membela negara masing-masing. 

Ada jeda internasional. Setelahnya, Barcelona melanjutkan petualangan di La Liga. Barca akan menjamu Valencia di Stadion Camp Nou, Senin (18/10) dini hari WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement