Sabtu 09 Oct 2021 09:33 WIB

Beda Hasil Akhir Haji dari Harta Halal dan Haram 

Haji yang dilaksanakan pakai uang haram hanya sia-sia

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Jamaah haji sedang wukuf di Arafah (Ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Jamaah haji sedang wukuf di Arafah (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA— Haji itu ibadah yang suci. Maka untuk menunaikannya harus dipastikan biaya yang digunakan adalah halal. Sebab terkait dengan halal dan haramnya biaya haji dapat mempengaruhi diterima atau tidaknya berhaji di sisi Allah SWT. 

Orang-orang yang menggunakan harta haram semisal dari korupsi, menipu, judi dan lainnya untuk berhaji maka hajinya tidak akan diterima. Ini sebagaimana keterangan hadits Nabi Muhammad ﷺ yang juga bisa ditemukan pada kitab at-Targib wa at-Tarhib karya Al-Mundziri. 

Baca Juga

  اِذَاخَرَجَ الْحَاجُّ حَاجًّابِنَفَقَةٍ طَيّبَةٍ وَوَضَعَ رِجْلَهُ فِى الْغَرْزِفَنَادَى لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ نَادَاهُ مُنَا دٍ مِنَ السَّمَاءِلَبَّيْكَ وَسَعْدَيْكَ زَادُكَ حَلَا لٌ وَرَاحِلَتُكَ حَلَالٌ وَحَجُّكَ مَبْرُوْرٌ غَيْرُمَأْزُوْرٍوَاِذَاخَرَجَ بِالنَّفَقَةِ الْخَبِيْثَةِ فَوَضَعَ رِجْلَهُ فِى الْغَرْزِفَنَادَى لَبَّيْكَ نَادَاهُ مُنَادٍمِنَ السَّمَاءِ لَا لَبَّيْكَ وَلَا سَعْدَيْكَ زَادُكَ حَرَامٌ وَنَفَقَتُكَ حَرَامٌ وَحَجُّكَ مَأْزُوْرٌ غَيْرُ مَبْرُوْرٍ.

”Jika berangkat orang yang haji, haji dengan biaya yang halal, dan dia menaruh kakinya di pelana lalu dia menyeru: لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ "Labbaik Alahumma Labbaik". Aku datang memenuhi panggilanmu ya Allah), maka menyeru malaikat dari langit: 

لَبَّيْكَ وَسَعْدَيْكَ زَادُكَ حَلَا لٌ وَرَاحِلَتُكَ حَلَالٌ وَحَجُّكَ مَبْرُوْرٌ غَيْرُمَأْزُوْرٍ  Labbaika wa sa'daik zaduka halalun wa roholatuk halalun wa hajjuka mabruron ghoiru ma zuur. 

"Engkau diterima dan kebahagiaan untukmu, bekalmu halal, kendaraanmu halal, dan hajimu mabrur, tidak dikurangi pahalanya."  

Tapi jika jamaah haji itu berangkat dengan biaya yang kotor, lalu dia menaruh kakinya di pelana lalu dia menyeru : Labbaik Allahumma Labaik. Maka menyeru malaikat dari langit: 

لَا لَبَّيْكَ وَلَا سَعْدَيْكَ زَادُكَ حَرَامٌ وَنَفَقَتُكَ حَرَامٌ وَحَجُّكَ مَأْزُوْرٌ غَيْرُ مَبْرُوْرٍ La labbaik wa laaa sa'daik, zaduka harom wa nafaqltuka harom, wa hajjuka mazur ghoiro mabrur.

"Engkau tidak diterima dan tidak ada kebahagiaan untukmu, bekalmu haram, biayamu haram, hajimu tidak sempurna dan tidak mabrur.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement