Tuesday, 20 Rabiul Awwal 1443 / 26 October 2021

Tuesday, 20 Rabiul Awwal 1443 / 26 October 2021

3 Tips Belanja Kosmetik Daring Anti Gagal

Sabtu 09 Oct 2021 07:34 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

Belanja daring bisa cukup 'tricky' untuk produk kosmetik.

Belanja daring bisa cukup 'tricky' untuk produk kosmetik.

Foto: Wallpaperflare
Belanja daring bisa cukup 'tricky' untuk produk kosmetik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belanja daring sangat memudahkan banyak orang untuk memenuhi berbagai kebutuhan di masa pandemi tanpa harus keluar rumah. Akan tetapi, belanja daring bisa cukup tricky untuk dilakukan bila berkaitan dengan produk makeup.

Salah satu hal tersulit dalam membeli produk makeup secara daring adalah memilih warna yang sesuai dengan warna kulit. Alasannya, warna produk makeup di toko daring bisa tampak berbeda pada layar gawai.

Baca Juga

Padahal, memilih warna produk makeup yang sesuai dengan warna kulit merupakan hal yang krusial. Kesalahan dalam memilih warna produk makeup tak hanya dapat memunculkan kekecewaan dan pemborosan, tetapi juga membuat tampilan riasan menjadi tidak optimal.

Health Educator dr Shafira Ninditya Aulia, figur publik Tantri Namirah, dan Head of Wardah Decorative and Wardah Malaysia Shabrina Salsabila membagikan beberapa kiat untuk menghindari situasi tak menyenangkan tersebut saat berbelanja produk makeup secara daring. Berikut ini adalah kiat-kiat yang mereka sampaikan dalam peluncuran Colorfit Fresh Matte Lip Ink dan Colorfit Cream Blush bersama Wardah, belum lama ini.

Belanja Makeup Daring Ala Dokter Shafira
Salah satu kiat yang dianjurkan oleh dr Shafira adalah melihat ulasan-ulasan mengenai produk makeup yang akan dibeli lewat media sosial. Ulasan-ulasan ini biasanya memuat gambar swatch yang menampilkan warna produk makeup ketika diaplikasikan pada kulit.

"Pilih dengan menyesuaikan tone warna kulit kita," jelas dr Shafira.

Selain itu, dr Shafira juga menyarankan agar belanja produk makeup secara daring ini dilakukan secara mindful. Beli produk makeup yang memang sesuai dengan kebutuhan dan juga situasi.

"Supaya tidak mubazir, belanja mindful," ungkap dr Shafira.

Belanja Makeup Daring Ala Tantri
Senada dengan dr Shafira, Tantri juga menganjurkan pembeli untuk memeriksa ulasan-ulasan produk makeup terlebih dahulu sebelum memeblinya. Tantri pun menganjurkan untuk melihat ulasan dari sosok yang memang bisa dipercaya.

Kiat lain yang Tantri anjurkan adalah memilih warna yang aman, misalnya warna-warna nude. Penting juga untuk tidak langsung membeli dalam jumlah banyak di awal.

"Coba satu dulu, kalau cocok aku biasanya beli warna lain," ujar Tantri.

Belanja Makeup Daring Ala Shabrina
Salah satu kiat yang dianjurkan Shabrina adalah memanfaatkan teknologi. Saat ini,
kemajuan teknologi semakin memudahkan beauty enthusiast untuk memilih warna produk makeup yang sesuai dengan warna kulit dari rumah.

Brand pionir kosmetik halal Wardah misalnya, menghadirkan fitur Virtual Try-On yang bisa diakses melalui laman Wardah. Fitur ini hadir dengan Advanced Beauty Match Technology dan Wardah Advanced Shade Match dari berbagai rangkaian makeup Wardah.

Dengan mengakses fitur ini, pembeli bisa mengecek terlebih dahulu varian warna dari produk makeup Wardah yang sesuai dengan warna kulit. Fitur ini juga dapat membantu pembeli untuk menemukan shade warna makeup wajah yang sesuai dengan warna kulit.

"Kami sudah lengkapi dengan teknologi terkini, jadi benar-benar precise warnanya," jelas Shabrina.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA