Sabtu 09 Oct 2021 03:56 WIB

Kembangkan E-Sport, PT Telkom Jaring Gamer Berbakat Lokal

Selama ini, gamer pemula bermain sebatas hobi.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Muhammad Fakhruddin
Kembangkan E-Sport, PT Telkom Jaring Gamer Berbakat Lokal (ilustrasi).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Kembangkan E-Sport, PT Telkom Jaring Gamer Berbakat Lokal (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Indihome mulai melakukan penjaringan gamer berbakat di Indonesia dengan menggelar Limitless Esport Academy (Lead). Yakni, sebuah akademi eSport yang mewadahi gamer nasional untuk menjadi atlet profesional. 

Menurut EVP Telkom Regional III Sujito mengatakan, selama ini, gamer pemula bermain sebatas hobi. Jadi, jarang yang menjadi seorang atlet eSport profesional dan mampu bersaing di kancah nasional maupun internasional.

"Padahal, banyak talent tersebut yang memiliki kemampuan," ujar Sujito saat membuka roadshow Lead by IndiHome ke tiga di Gedung Indigo Telkom Bandung, Jumat (8/10).

Oleh karena itu, kata dia, PT Telkom membuat Lead yang merupakan program akademi eSport dari IndiHome. Tujuannya, untuk mendukung perkembangan ekosistem olahraga elektronik (eSport). 

"Kami akan mencari talenta-talenta muda dengan melakukan sosialisasi program melalui Roadshow Lead by IndiHome dan Turnament LOL Wild Rift di setiap wilayah kantor regional," katanya.

Tahapan perekrutan peserta, kata dia, berlangsung sejak tangal 10 September dan akan berakhir pada 22 Oktober 2021. Seluruh masyarakat Indonesia berkesempatan menjadi atlet eSport professional yang yang langsung dibina oleh para coach professional.

Menurutnya, setelah mendaftar, peserta akan mengikuti rangkaian kegiatan pemilihan atlet eSport. Yakni, mulai dari fase kualifikasi, fase pengembangan dan fase graduation (kelululasan). Pada fase kualifikasi peserta yang mendaftar akan diseleksi dalam turnamen hingga terpilih 8 tim terbaik atau sebanyak 40 orang calon atlet eSport. 

Jika sudah terpilih 8 tim terbaik, kata dia, maka fase berikutnya adalah pada fase pengembangan 1 peserta mendapatkan training basic. Pada akhir Fase 1 akan diadakan ujian yang membuat 14 orang terpilih melaju ke fase pengembangan 2. 

"Pada fase 2, 14 orang peserta yang tersisa akan mendapat training advance. Peserta yang tersisa ini yang akan dilatih sampai ke fase kelulusan," katanya.

Sementara menurut Srikandi Gamers Indihome Dyah Rasyida, khusus pada fase ke-3 ini, 14 player terbaik akademi secara resmi lulus dari akademi. Dibagi ke dalam 2 tim untuk berpartisipasi dalam showcase performa di turnamen invitational pada tanggal 16 Januari 2022.

"Benefit utama untuk player yang mengikuti LEAD adalah program pelatihan untuk menjadi juga membuka peluang bagi atlet eSport binaannya untuk menjadi bagian dari tim atau club eSport lintas negara dengan mengirim profil lulusan ke tim-tim dalam dan luar negeri," paparnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement