Pemerintah Alokasikan Dana PON XX Papua Rp 3,53 T

Tampak depan venue Aquatik, di Kabupaten Jayapura, Papua. Alokasi anggaran untuk penyelenggaraan PON XX Papua sebesar Rp 3,5 triliun.
Tampak depan venue Aquatik, di Kabupaten Jayapura, Papua. Alokasi anggaran untuk penyelenggaraan PON XX Papua sebesar Rp 3,5 triliun.
Foto: ANTARA/Indrayadi TH

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah mengalokasikan dana dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) sebesar Rp 3,535 triliun untuk mendukung terselenggaranya Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua. Adapun anggaran yang dialokasikan dari delapan kementerian dan lembaga ini terhitung sejak 2018 sampai 2021.

Direktur Anggaran Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Ditjen Anggaran Kementerian Keuangan Purwanto mengatakan, anggaran tersebut untuk membangun infrastruktur, sarana dan prasarana kegiatan PON XX.

Baca Juga

"Total semuanya dari 2018 sampai 2021, pemerintah telah mengalokasikan Rp 3,5 triliun dana APBN untuk mendukung event tersebut (PON XX)," ujar Purwanto saat konferensi pers virtual, Jumat (8/10).

Purwanto merinci, dari total alokasi anggaran tersebut, Kementerian PUPR menjadi penyumbang terbesar senilai Rp 1,747 triliun. Kemudian Kementerian Pemuda dan Olahraga sebesar Rp 1,224 triliun. 

"Ada sekitar delapan K/L. Terbesar PUPR sebesar Rp 1,7 triliun ini totalnya yang sudah diakumulasi dari 2018-2021. Kemudian Kemenpora pada 2019 dan 2021 sudah mengeluarkan anggaran kalau kita total ada Rp 1,2 triliun digunakan penyelenggaraan," ungkap Purwanto.

Sedangkan Kementerian Perhubungan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 481 miliar. Lalu LPP TVRI juga mengalokasikan anggaran sebesar Rp 31,7 miliar.

Kementerian Kesehatan sebesar Rp 24,6 miliar, di luar anggaran vaksinasi Covid-19. Lalu Kementerian Komunikasi dan Informasi sebesar Rp 20 miliar, LPP RRI sebesar Rp 3,8 miliar serta BPKP dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebesar Rp 1,4 miliar.

"Kementerian Kesehatan kita tahu Rp 24,6 miliar, tapi ini hanya biaya di luar vaksinasi. Jadi biaya-biaya pencegahan penyakit dan lain-lain," kata dia.

 

 

Komentar

Terkait


Venue Aquatik PON XX Papua. Kementerian Keuangan akan menghibahkan sejumlah fasilitas PON XX Papua kepada pemerintah daerah.

Ini Rincian Fasilitas PON Papua yang Dihibahkan ke Pemda

Istora Papua Bangkit, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Papua (ilustrasi). Kementerian Keuangan akan menghibahkan sejumlah fasilitas PON Papua kepada pemerintah daerah.

Pemerintah Hibahkan Fasilitas PON XX Senilai Rp 1,3 T

Pegulat putri Jatim Shinta Eka (atas) berusaha mengunci pegulat putri Papua Dewi Sartika (bawah) saat bertanding pada semifinal Gulat Gaya Bebas kelas 50 Kg Putri PON Papua di GOR Futsal Dispora, Kabupaten Merauke, Papua, Jumat (8/10/2021).

Jatim Rebut Dua Emas Gulat

Atlet biliar putri Jawa Barat Amanda R berusaha memasukkan bola saat bertanding pada final 10 Ball Double Putri PON Papua di Gor Biliar SP 5, Kabupaten Mimika, Papua, Jumat (8/10/2021). Amanda dan Annita berhasil meraih medali emas, sementara pasangan atlet biliar Papua Silviana-Nur Sukmawaty meraih medali perak sedangkan dua medali perunggu diraih pasangan atlet biliar Jakarta Fatrah-Desi dan pasangan atlet biliar Jawa Tengah Angeline-Vinda.

Final Biliar 10 Ball Double PON Papua

Pesenam Lampung Sutjiati K Narendra menunjukkan medali yang diperoleh dalam final senam ritmik perorangan PON Papua di Istora Papua Bangkit, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (8/10/2021). Sutjiati memperoleh dua medali emas dari nomor alat bola dan alat pita, sedangkan satu medali perak dari nomor serbabisa.

Si Cantik Sutji yang Jadi Idola Baru di Arena Senam

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Ikuti

× Image