Pemerintah Hibahkan Fasilitas PON XX Senilai Rp 1,3 T

Istora Papua Bangkit, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Papua (ilustrasi). Kementerian Keuangan akan menghibahkan sejumlah fasilitas PON Papua kepada pemerintah daerah.
Istora Papua Bangkit, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Papua (ilustrasi). Kementerian Keuangan akan menghibahkan sejumlah fasilitas PON Papua kepada pemerintah daerah.
Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat/wsj.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah berencana menghibahkan barang milik negara (BMN) yang dibangun Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua senilai Rp 1,3 triliun. Adapun hibah ini akan diberikan kepada pemerintah daerah Papua.

Direktur Barang Milik Negara Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Encep Sudarwan mengatakan sebanyak delapan fasilitas acara PON XX akan dihibahkan kepada pemerintah daerah Papua.

Baca Juga

"Yang dihibahkan sementara ada delapan nilainya kurang lebih Rp 1,3 triliun. Ini yang sudah kita proses nanti akan menyusul hal lain," ujar Encep saat konferensi pers virtual, Jumat (8/10).

Adapun delapan bangunan yang akan dihibahkan yakni arena akuatik, Istora Papua Bangkit, Pembangunan Arena Cricket and Hockey Indoor dan Outdoor, Kawasan Kampung harapan, Kawasan Doyo Baru, Arena Sepatu Roda, Panahan, dan Dayung. Kemudian sistem drainase Kabupaten Jayapura dan pembangunan sanitasi.

Encep menjelaskan, kesemua fasilitas untuk menambah aset dan untuk kelanjutan pengelolaan barang milik negara jadi barang milik daerah. "Nanti pemda setempat akan urus. Kemenkeu mempercepat hibah milik negara juga dari Kementerian PUPR," ucap dia.

Meski demikian, Encep tidak menutup kemungkinan akan menambah beberapa fasilitas yang ikut serta dihibahkan kepada Pemerintah Daerah Papua setelah ajang PON XX selesai. Dari sisi lain, dia memastikan aset seperti jalan nasional, bandara dan berbagai hasil pembangunan lainnya tidak akan dihibahkan dan tetap menjadi tanggung jawab pemerintah pusat.

"Nanti akan menyusul hal lainnya karena kan di sana juga kita sudah membangun beberapa hal. Ada yang sudah tuntas atau ada juga yang berbentuk renovasi dan sebagainya," kata dia.

 

Komentar

Terkait


KTP (ilustrasi). Kementerian Keuangan akan menjadikan NIK pada KTP sebagai NPWP bagi wajib pajak individu.

Ditjen Pajak Jadikan NIK Jadi NPWP

Pegulat putri Jatim Shinta Eka (atas) berusaha mengunci pegulat putri Papua Dewi Sartika (bawah) saat bertanding pada semifinal Gulat Gaya Bebas kelas 50 Kg Putri PON Papua di GOR Futsal Dispora, Kabupaten Merauke, Papua, Jumat (8/10/2021).

Jatim Rebut Dua Emas Gulat

Atlet biliar putri Jawa Barat Amanda R berusaha memasukkan bola saat bertanding pada final 10 Ball Double Putri PON Papua di Gor Biliar SP 5, Kabupaten Mimika, Papua, Jumat (8/10/2021). Amanda dan Annita berhasil meraih medali emas, sementara pasangan atlet biliar Papua Silviana-Nur Sukmawaty meraih medali perak sedangkan dua medali perunggu diraih pasangan atlet biliar Jakarta Fatrah-Desi dan pasangan atlet biliar Jawa Tengah Angeline-Vinda.

Final Biliar 10 Ball Double PON Papua

Pesenam Lampung Sutjiati K Narendra menunjukkan medali yang diperoleh dalam final senam ritmik perorangan PON Papua di Istora Papua Bangkit, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (8/10/2021). Sutjiati memperoleh dua medali emas dari nomor alat bola dan alat pita, sedangkan satu medali perak dari nomor serbabisa.

Si Cantik Sutji yang Jadi Idola Baru di Arena Senam

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, dr Silwanus Sumule.

Update PON XX Papua, 57 Terkonfirmasi Positif Covid-19

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Ikuti

× Image