Sabtu 09 Oct 2021 00:02 WIB

Masuk Wonderkid Versi Guardian, Marsel Diminta tak Puas Diri

The Guardian telah merilis daftar 60 pemain muda terbaik di dunia angkatan 2021.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pesepak bola Persebaya Surabaya Marselino Ferdinan (kiri).
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Pesepak bola Persebaya Surabaya Marselino Ferdinan (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gelandang muda Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinan, tengah menarik perhatian salah satu media berpengaruh di Inggris, The Guardian. Pemain berusia 17 tahun itu disejajarkan dengan wonderkid Lazio, Luka Romero, hingga pemain muda Borussia Dortmund, Youssoufa Moukoko.

The Guardian telah merilis daftar 60 pemain muda terbaik di dunia angkatan 2021. The Guardian memang selalu merilis daftar wonderkid-wonderkid terbaik di dunia setiap tahunnya. Nama-nama besar seperti Vinicius Junior, Jadon Sancho, Takefusa Kubo, hingga Pedri pernah masuk dalam daftar ini.

Pemain Indonesia yang terakhir masuk hot list tersebut adalah Egy Maulana Vikri. Itu terjadi empat tahun yang lalu atau lebih tepatnya angkatan 2017. Saat ini, Egy masih menjadi salah satu pemain Indonesia yang meniti karier profesionalnya di Eropa.

Mendengar kabar tersebut, pelatih Persebaya Aji Santoso turut senang. Menurutnya, hal tersebut membuktikan bahwa kualitas pemain pilihannya juga diakui di level internasional. Namun pelatih berusia 51 tahun itu juga mengingatkan Marsel, sapaan akrabnya, agar tidak cepat puas.

Menurut Aji, dengan bakat yang sudah diakui di taraf internasional harus membuat Marsel bekerja lebih keras untuk mencapai impiannya.

"Itu harus jadi motivasi buat Marsel. Dia masuk 60 pemain muda berbakat dunia. Tapi itu bukan akhir, dia harus latihan lebih keras, lebih serius," kata Aji dikutip dari laman resmi klub, Jumat (8/10). "Percuma kalau sudah masuk daftar wonderkid tapi tidak membuktikan diri. Tidak ada artinya nanti. Perjalanan dia masih sangat panjang."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement