Jumat 08 Oct 2021 19:33 WIB

Arteta Tegaskan Komitmen Arsenal untuk Bantu Wilshere

Arsenal hanya membantu Wilshere dalam mendapatkan lisensi kepelatihan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Jack Wilshere.
Foto: EPA/JULIEN WARNAND
Jack Wilshere.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Gelandang asal Inggris, Jack Wilshere, kembali ke klub yang telah membesarkan namanya, Arsenal. Namun, pemain berusia 29 tahun itu tidak akan memperkuat skuad utama the Gunners.

Wilshere hanya akan terlibat dan mengikuti sejumlah sesi latihan tim utama klub asal London Utara tersebut. Sejak dilepas Bournemouth pada akhir musim lalu, Wilshere diketahui belum memiliki klub.

Sempat berlatih bersama salah satu kontestan Serie A, Como, eks gelandang West Ham United itu urung bergabung bersama klub asal Italia tersebut. Kabarnya, kepindahan Wilshere terganjal statusnya sebagai pemain non Uni-Eropa.

Kendati begitu, pada Kamis (7/10) waktu setempat, Wilshere kedapatan terlihat di pusat latihan Arsenal di London Colney, Hertfordshire. Wilshere pun mengikuti sesi latihan bersama tim utama the Gunners. Ini menjadi pertama kalinya Wilshere kembali mengikuti sesi latihan the Gunners setelah meninggalkan klub tersebut pada 2018.

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, menegaskan, Wilshere tidak akan memperkuat tim utama Arsenal. Kehadiran Wilshere di pusat latihan the Gunners semata-mata sebagai upaya klub untuk membantunya dalam mendapatkan lisensi kepelatihan.

''Kami hanya membantu Jack (Wilshere) mempersiapkan fisik dan mental dalam menatap langkah selanjutnya. Dia ingin mendapatkan lisensi kepelatihan dan kami membantu mempersiapkan semua yang dia butuhkan. Itu ide dasarnya dan tidak lebih dari itu,'' ujar Arteta di laman resmi klub, Jumat (8/10).

Kendati begitu, pelatih asal Spanyol itu mengaku senang dengan kehadiran jebolan akademi sepak bola Arsenal tersebut. Wilshere, lanjut Arteta, pernah menjadi bagian dalam sejarah kesuksesan the Gunners.

Wilshere menembus tim utama Arsenal pada usia 16 tahun tepatnya pada 2008. Sayangnya, performanya sempat terganggu dengan berbagai cedera.

Wilshere akhirnya meninggalkan the Gunners pada 2018 silam. Selama mengenakan seragam Arsenal, Wilshere telah mengemas 197 penampilan di semua ajang dan menyumbangkan 14 gol. Dua titel Piala FA dan satu trofi Community Shields menjadi persembahan Wilshere buat the Gunners.

''Saya sangat senang melihat dia kembali. Kami sempat berdiskusi dan mendengarkan rencananya, yaitu mendapatkan lisensi kepelatihan. Kami akan membantu semaksimal mungkin agar dia bisa mencapai tujuannya tersebut,'' kata mantan asisten pelatih Pep Guardiola di Manchester City tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement