Monday, 22 Syawwal 1443 / 23 May 2022

Kehilangan Rudiger Bisa Jadi Pukulan Berat untuk Chelsea

Jumat 08 Oct 2021 19:00 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Bek Chelsea, Antonio Rudiger.

Bek Chelsea, Antonio Rudiger.

Foto: AP/Matt Dunham
Kontrak Antonio Rudiger bersama Chelsea akan tuntas pada akhir musim ini.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Kontrak Antonio Rudiger bersama Chelsea akan tuntas pada akhir musim ini, tepatnya pada Juni 2022. Apabila tidak kunjung menandatangani kontrak anyar bersama the Blues, bek tengah asal Jerman itu pun dapat menggelar negosiasi pra-kontrak dengan klub lain pada Januari mendatang.

Ujungnya, berdasarkan kesepakatan pra-kontrak tersebut, Rudiger dapat hengkang dengan status free transfer pada akhir musim ini. Menurut eks bek sayap Chelsea, Glen Johnson, skenario ini yang mesti dihindari juara Liga Champions musim lalu tersebut.

Tidak hanya soal kerugian dari aspek finansial, kehilangan mantan bek tengah AS Roma itu dapat menjadi pukulan yang cukup berat buat tim besutan Thomas Tuchel dari segi performa di atas lapangan.

''Chelsea akan sangat kehilangan. Dia jelas telah menunjukkan performa terbaiknya sejak kedatangan Tuchel. Saat ini, dia adalah salah satu aset terbesar Chelsea. Jadi, apabila dia hengkang dengan status free transfer, kehadirannya akan sangat dirindukan di Chelsea,'' ujar Johnson seperti dikutip Sports Keeda, Jumat (8/10).

Dalam beberapa pekan terakhir, negosiasi perpanjangan kontrak antara Rudiger dengan Chelsea dikabarkan masih terus berjalan. Namun, hingga kini, belum ada sinyal positif terkait negosiasi tersebut.

Kabarnya, kedua belah pihak belum mencapai kata sepakat soal besaran gaji dalam kontrak teranyar bek tengah timnas Jerman tersebut.

Johnson pun mendesak manajemen the Blues untuk segera mengikat Rudiger dengan kontrak baru. Terlebih, mendapatkan pemain yang tengah berada dalam performa terbaiknya, lanjut mantan bek Liverpool tersebut, tidaklah mudah.

''Selain itu, dari perspektif bisnis, Anda tidak bisa kehilangan pemain bintang tanpa mendapatkan bayaran nilai transfer. Membiarkan pemain pergi tanpa mendapatkan nilai transfer dari kepergian itu benar-benar tidak masuk akal. Sementara dia tengah berada dalam kondisi terbaiknya, Chelsea harus segera mengikatnya,'' ujar Johnson.

Setelah tampil apik pada paruh kedua musim lalu, Rudiger kembali menjadi andalan Tuchel dalam mengawal lini belakang the Blues pada awal musim ini. Mantan bek tengah Stuttgart itu tercatat tidak pernah absen dalam tujuh partai Chelsea di Liga Primer Inggris musim ini.

Dalam tujuh laga tersebut, Rudiger berhasil membawa the Blues mengemas empat kali clean sheet dan menyumbang satu gol.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA