Thursday, 18 Rajab 1444 / 09 February 2023

Belanjakan Uang untuk Pelihara Kucing, Amalan Sia-Sia?

Jumat 08 Oct 2021 17:05 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah

Memelihara kucing diperbolehkan menurut syariat Islam. Kucing peliharaan (Ilustrasi).

Memelihara kucing diperbolehkan menurut syariat Islam. Kucing peliharaan (Ilustrasi).

Foto: EPA
Memelihara kucing diperbolehkan menurut syariat Islam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan favorit masyarakat dari dulu hingga kini. Tingkahnya yang manja hingga tubuhnya yang menggemaskan membuat banyak pecinta hewan memeliharanya. 

Tapi tidak sedikit orang yang memelihara kucing harus menghabiskan banyak uang untuk perawatan hewan ini. Dari memelihara bulu hingga memberi makan. Bagaimana Islam memandang hal ini? 

Baca Juga

Dilansir dari Elbalad, anggota Fatwa Mesir Dar Al Ifta, Dr Muhammad Wissam, mengatakan pengeluaran untuk memelihara kucing tidak menjadi amalan yang sia-sia. 

Tetapi dia mengingatkan agar harus ada keseimbangan dalam pengeluaran supaya tidak jatuh ke dalam lingkaran kebodohan. 

Dia menekankan, saat seseorang memiliki kelebihan harta, kewajiban pertama yang harus dilakukan adalah menolong manusia. 

Menolong sesama dengan memberikan sebagian harta adalah perbuatan infak fi sabilillah. Jika sudah menolong sesama, barulah boleh menolong hewan-hewan.  

Memelihara kucing disebut Wissam bukanlah salah satu hal yang diharamkan bagi seorang Muslim. Sebagaimana para ulama fikih telah membolehkan seorang Muslim memiliki sesuatu yang halal, didapat dengan cara yang halal dan diperlakukan dengan cara yang sesuai syariat. 

Para ulama menyimpulkan kebolehan memelihara kucing dengan sabda Nabi Muhammad SAW:

إنها لَيْسَتْ بِنَجَسٍ؛ إنها مِنَ الطَّوَّافينَ عليكم والطَّوَّافاتِ)؛ Artinya: “Kucing) tidaklah najis, hanya ia hewan yang seringkali berkeliaran dan mengelilingi (berada di dekat) kalian.”

 

Sumber: elbalad

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA