Jumat 08 Oct 2021 13:45 WIB

Keutamaan Membaca Surat Yasin, Apa Saja?

Setidaknya ada delapan keutamaan surat Yasin yang disampaikan ulama.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Sejumlah pelajar membaca Surat Yasin di SMAN-1 Lhokseumawe, Aceh, Jumat (13/9/2019).
Foto: Antara/Rahmad
Sejumlah pelajar membaca Surat Yasin di SMAN-1 Lhokseumawe, Aceh, Jumat (13/9/2019).

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Keutamaan membaca surat Yasin pada Malam Jum’at telah banyak disampaikan oleh para ulama berdasarkan hadits nabi. Namun, banyak juga keutamaan surat Yasin meskipun tidak dibaca pada malam Jum’at. Setidaknya ada delapan keutamaan yang dapat disampaikan.

Pertama, yaitu dapat mencegah kehausan di Hari Kiamat

Baca Juga

Dalam bukunya yang berjudul Rahasia Keutamaan Surat Al-Qur’an terbitan Rene Islam, Muhammad Zaairul Haq menjelaskan, salah satu keutamaan mengamalkan surat Yasin secara istikamah setiap hari adalah mendapatkan karunia tidak akan kehausan kelak di Hari Kiamat.

Kedua, untuk memohon sesuatu

Menurut Zaairul Haq, di dalam kitab Khazinatul Asrar disebutkan bahwa keutamaan surat Yasin adalah sebagai cara untuk memohon sesuatu. “(Dan demikian pula) surat Yasin dibaca sebanyak 41 kali untuk setiap waktu (maksudnya untuk memohon sesuatu),” tulisnya mengutip dari kitab tersebut.

Ketiga, mendapat pahala sebanding dengan membaca Alqur’an 10 kali

Keutamaan surat Yasin yang ketiga adalah mendapatkan pahala besar dari Allah sebanding dengan pahala membaca Alqur’an sampai khatam sebanyak 10 kali. Hal ini berdasarkan riwayat berikut:

Dari Anad Ra. Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya setiap sesuatu itu ada hatinya (pusatnya), adapun hatinya Alqur’an adalah surat Yasin, dan barang siapa yang membaca surat Yasin maka Allah akan memberi pahala seperti pahala membaca Alqur’an 10 kali.” (HR Imam Tirmidzi dan ad-Darimi).

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement